Yamaha PG-1 Resmi Diluncurkan, Motor Petualang Kecil, Cek Spesifikasi dan Harganya

Yamaha PG-1. (Foto: Greatbiker)

Sukoharjonews.com – Setelah cukup lama diluncurkan di Thailand, Hong Leong Yamaha Motor, produsen dan distributor sepeda motor Yamaha di Malaysia baru-baru ini memanfaatkan Yamaha GenBlu Carnival 2024 sebagai panggung peluncuran resmi Yamaha PG-1.


Dikutip dari Greatbiker, Sabtu (31/8/2024), Yamaha PG-1 merupakan singkatan dari “Playful Gear 1”, yang menunjukkan ciri-ciri sepeda motor yang dibangun di atas struktur underbone namun memiliki sistem suspensi dengan travel lebih banyak dari biasanya, tidak seperti sepeda motor yang dimodifikasi untuk balap off-road.

Motor jenis ini di Malaysia disebut “cub cross”, yang menempatkan Yamaha PG-1 satu kategori dengan Honda CT125 Hunter Cub/Trail dan Aveta Ranger Max Explorer.

Dari segi powertrain, Yamaha PG-1 spek Malaysia tidak berbeda dengan versi yang dijual di Thailand. Ia mengusung mesin 114cc satu silinder berpendingin udara yang menghasilkan 8,9 tenaga kuda (hp) pada 7.000 rpm dan torsi 9,5 Nm pada 5.500 rpm, dipadukan dengan gearbox empat kecepatan standar. Mesin ini juga merupakan powertrain yang sama dengan yang terdapat pada Yamaha EZ115 yang saat ini dijual di Malaysia.

Yamaha PG-1. (Foto: Greatbiker)
Yamaha PG-1. (Foto: Greatbiker)


Yamaha PG-1. (Foto: Greatbiker)

Fitur yang membuat model ini lebih serbaguna dari biasanya, dengan ground clearance hingga 190 milimeter, ban universal berukuran 90/100-16 di kedua sisi, setang tegak, kapasitas tangki bahan bakar 5,1 liter, dan bobot total 107 kilogram. Cocok digunakan baik di jalan mulus maupun jalan tanah, atau bahkan off-road berat.

Penampilan sepeda itu sendiri juga penting. Sepeda ini dilengkapi dengan peredam kejut dengan penutup akordeon, sedangkan lampu depan dan lampu belakang yang bundar memberikan tampilan off-road yang sempurna pada sepeda ini.

Kursi terpisah memudahkan pengisian bahan bakar di bawah kursi pengemudi, sementara terdapat ruang penyimpanan di bawah kursi pembonceng. Ketinggian kursi pengemudi adalah 795 milimeter.

Untuk penjualan resmi di Malaysia, Hong Leong Yamaha Motor mematok harga Yamaha PG-1 sebesar RM6.998 yakni sekitar Rp25,5 jutaan, jauh lebih murah dibandingkan versi yang dijual di Thailand. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *