Yamaha Neo Versi 2023 Diluncurkan, Motor Listrik Baru, Cek Spesifikasi dan Harganya

Yamaha Neo 2023. (Foto: Greatbiker)

Sukoharjonews.com – Saat ini, pasar sepeda motor dan skuter listrik memiliki tingkat pertumbuhan yang berlipat ganda dan permintaan yang meroket. Menyebabkan banyak pabrikan otomotif modern mengalihkan perhatiannya untuk menawarkan produk energi bersih, seperti Yamaha yang berencana meluncurkan dua produk baru yang menggunakan baterai.

Dilansir dari Greatbiker, Selasa (2/5/2023), untuk Yamaha terutama melihat pasar skuter listrik Eropa. Dengan pertumbuhan 188%lebih besar pada tahun fiskal 2023 dibandingkan tahun lalu, dan Yamaha berharap dapat merebut sebagian dari pangsa tersebut.

Pabrikan berencana menggunakan model bertenaga baterai seperti dua skuter listrik E01 dan Neo. Tidak hanya cenderung memainkan peran penting di segmen EV roda dua di negara-negara Eropa saja. Tapi itu juga bisa memainkan peran penting bagi Yamaha di pasar global.

Yamaha Neo adalah produk EV kecil yang saat ini dipasarkan di Eropa. Yang sudah ada di pasaran cukup lama, pertama kali diluncurkan pada akhir tahun 2021, dan dibandingkan saat sudah ada di pasaran selama kurang lebih satu tahun, ternyata penjualan hanya di zona Eropa.

Infrastruktur yang kondusif untuk penggunaan EV telah meningkat 2,5 kali lipat dari periode yang sama tahun lalu menyebabkan motor harus diperbarui setiap tahun. Tidak berbeda dengan kendaraan roda dua yang menggunakan mesin bakar yang diperbarui. Baik itu dari segi tampilan maupun performa yang ditingkatkan.

Yamaha Neo 2023. (Foto: Greatbiker)

Pada model tahun 2023, Yamaha Neo telah diperbarui dengan fitur dan skema warna baru. Dengan menerima tone Turquoise yang kontras dengan bagian warna Midnight Black yang membuat motor terlihat berdimensi. Motor memiliki tampilan retro yang sporty dengan garis-garis ramping dan bodi yang minimalis. Muncul dengan lampu depan LED dengan LED DRL, lampu belakang LED, layar LCD dengan konektivitas smartphone.

Untuk powertrain, Yamaha Neo ditenagai oleh motor listrik 2.03kW yang dipasangkan dengan dua baterai lithium-ion yang dapat dilepas. Baterai akan memakan waktu 8 jam untuk mengisi daya dari 0-100% dan dengan kemampuan untuk mengganti baterai akan membantu mengemudi lebih nyaman

Nah, soal harga, harga Yamaha Neo di tahun 2022 sebesar 3.199 Euro atau sekitar Rp51,5 jutaan. Namun pada tahun 2023 harga tersebut telah disesuaikan dari aslinya dimana model tahun ini, Yamaha Neo dibandrol dengan harga 3.599 Euro atau sekitar Rp58 jutaan karena kekurangan bahan baku dalam produksi. Namun sepertinya kenaikan harga tidak akan banyak mempengaruhi penjualan. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar