Yamaha Grand Filano 2023 Hybrid Indonesia, Cek Spesifikasi dan Harganya

Yamaha Grand Filano 2023 Hybrid LUX White Pearl. (Foto: Ardiantoyugo)

Sukoharjonews.com – Motor matic baru kembali dihadirkan oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Motor itu adalah Yamaha Grand Filano 2023 Hybrid yang mengusung Classy Yamaha dengan penampilan yang sangat premium. Desainnya memang mengombinasikan desain modern dan juga klasik yang terkesan mewah dan premium meskipun hanya menggunakan mesin berkapasitas 125 cc. Yamaha Grand Filano 125 Hybrid ini juga memiliki segudang fitur canggih khas motor matic Yamaha modern saat ini.

Dilansir dari Ardiantoyugo, Rabu (18/1/2023), Yamaha Grand Filano 125 Hyrbid hadir dengan tampilan yang berkelas serta kepraktisan berkendara di perkotaan. Motor ini hadir dengan desain layaknya skutik Eropa kelas 125 cc namun dengan harga yang lebih terjangkau. Ada dua tipe yang dihadirkan, yakni tipe Lux dan Neo.

Tipe Lux terlihat semakin tampil berkelas dengan kombinasi desain jok premium bertekstur bordir yang sangat unik. Motor ini juga sudah dibekali dengan fitur andalan Yamaha yakni Y-Connect dimana pengendara dapat menghubungkan sang motor dengan smartphone. Kehadiran Yamaha Grand Filano sendiri tentunya akan menemani Yamaha Fazzio yang sudah lebih dulu diperkenalkan dan sama-sama mengisi segmen Classy Yamaha.

Yamaha Grand Filano 2023 Hybrid LUX Matte Blue. (Foto: Ardiantoyugo)

Yamaha Grand Filano 2023 Hybrid
Desain motor Yamaha Grand Filano 2023 Hybrid sendiri sangat futuristis dan modern. Motor ini menggunakan desain lampu utama berbentuk diamond yang terletak di bagian setang. Untuk lampu LED DRL terlihat sangat unik dengan desain memanjang dari atas ke bawah pada bagian tengah. Bentuk lampu sein juga dibuat sangat modern dan juga minimalis.

Sedangkan lampu belakang juga terlihat menggunakan desain yang modern dan menawan. Untuk sistem pencahayaannya sendiri sang motor sudah sepenuhnya menggunakan lampu LED. Bahkan, Yamaha Grand Filano 125 Hybrid ini juga sudah dibekali dengan lampu LED pada bagian bagasi untuk mempermudah pengendara mencari barang bawaan saat malam hari.

Desain yang dibawakan memang terlihat sangat mengalir dari bagian depan hingga belakang. Motor ini tetap menggunakan desain deck rata di bagian tengah untuk kemudahan berkendara di jalanan perkotaan. Namun, satu yang menarik adalah lubang pengisian bahan bakar diletakkan di bagian bawah stang sebelah kiri. Hal ini tentu memudahkan pengendara saat melakukan pengisian bahan bakar sehingga tidak perlu membuka bagian jok.

Kapasitas bagasi Yamaha Grand Filano 2023 Hybrid cukup besar mencapai 27 liter dimana hal tersebut menjadi yang paling besar dikelasnya. Selain itu di bagian bagasi juga sudah dibekali dengan lampu LED yang memberikan penerangan saat malam hari. Sebuah fitur yang sangat fungsional namun belum banyak diterapkan pada motor matic bahkan untuk kelas 150-160 cc saat ini.

Yamaha Grand Filano 2023 Hybrid NEO Red. (Foto: Ardiantoyugo)

Fitur Yamaha Grand Filano 2023 Hybrid
Fitur lainnya adalah digital speedometer TFT dengan welcome & goodbye message. Speedometer ini memiliki banyak informasi mulai dari petunjuk kecepatan, odometer, fuelmeter, fuel consumption, hingga Power Assist Indicator. Selain itu, Yamaha Grand Filano juga sudah dibekali dengan Y-Connect dimana pengendara dapat menghubungkan sang motor dengan smartphone melalui jaringan Bluetooth sehingga dapat memantau nofitikasi HP melalui layar speedometer sang motor.

Beberapa fitur Yamaha Grand Filano 2023 Hybrid:
– Desain Luxury dan juga Premium
– Digital speedometer dengan TFT Sub Display
– Sistem pencahayaan sepenuhnya LED dengan LED DRL vertikal di bagian depan
– Kulit jok premium bertekstur untuk tipe LUX
– Mesin Blue Core Hybrid berkepasitas 125 cc dengan Power Assist Start
– Yamaha Motorcycle Connect dimana pengendara dapat menghubungkan sang motor dengan Smartphone
– Lubang pengisian tangki bahan bakar di bagian depan
– Kapasitas bagasi bawah jok mencapai 27 liter dan dilengkapi dengan lampu LED
– Penggunaan Smart Key System
– Terdapat Electric Power Socket untuk mengisi ulang daya Smartphone
– Terdapat laci penyimpanan di bagian bawah setang sebelah kanan
– Lampu hazard yang bisa digunakan saat kondisi darurat
– Penggunaan ban tubeless dengan profil lebar
– Desain footstep belakang yang lebih luas dan nyaman

Yamaha Grand Filano 2023 Hybrid NEO Dull Blue. (Foto: Ardiantoyugo)

Spesifikasi Yamaha Grand Filano Hybrid 2023
Bicara spesifikasi, Yamaha Grand Filano 2023 Hybrid sendiri menggunakan mesin berkapasitas 124,86 cc. Mesin ini memiliki konfigurasi silinder tunggal, 4 langkah, 2 katup, SOHC, dan juga berpendingin udara. Mesin ini juga sudah dibekali dengan teknologi Blue Core dan juga Mild Hybrid. Untuk tenaga puncaknya sendiri mencapai 6,1 kW atau setara dengan 8,29369 PS pada 6.500 rpm. Sedangkan torsi punaknya tergolong sangat mantap yakni mencapai 10,4 Nm yang diraih pada 5.000 rpm. Basis mesin yang digunakan memang serupa dengan mesin Yamaha Fazzio Hybrid.

– Tipe Mesin: Pendingin Udara, 4-Langkah, SOHC
– Susunan Silinder: Silinder Tunggal
– Diameter x Langkah: 52,4 x 57,9 mm
– Perbandingan Kompresi: 11,0 : 1
– Volume Silinder: 124,86 cc
– Daya Maksimum: 6,1 kW / 6.500 rpm
– Torsi Maksimum: 10,4 Nm / 5.000 rpm
– Kapasitas Oli Mesin: Total = 0,84 L; Berkala = 0,80 L
– Sistem Bahan Bakar: Fuel Injection
– Tipe Kopling: Kopling Sentrifugal, Kering
– Tipe Transmisi: V-Belt Otomatis
– Sistem Starter: Elektrik
– Sistem Pelumasan: Basah

Yamaha Grand Filano 2023 Hybrid NEO Black. (Foto: Ardiantoyugo)

Sasis Yamaha Grand Filano Hybrid
Motor ini menggunakan Underbone yang dikombinasikan dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang tunggal di bagian samping. Untuk pengereman depan sudah menggunakan rem cakram, sedangkan roda belakang masih menggunakan rem tromol. Diameter dan ukuran roda depan serta belakang dibuat sama yakni 110/70 dengan diameter 12 inci.

– Tipe Rangka: Underbone
– Suspensi Depan: Teleskopik
– Suspensi Belakang: Unit Swing
– Ban Depan: 110/70-12 47L
– Ban Belakang: 110/70-12 47L
– Tipe Ban: Tubeless
– Rem Depan: Rem Cakram
– Rem Belakang: Rem Tromol
– Sistem Pengapian: TCI
– Battery: YTZ6V
– Tipe Busi: CR6HSA
– P X L X T: 1820 x 685 x 1155 mm
– Jarak Sumbu Roda: 1280 mm
– Jarak Terendah ke Tanah: 125 mm
– Tinggi Tempat Duduk: 790 mm
– Berat Isi: 100 Kg
– Kapasitas Tangki Bensin: 4,4 L

Yamaha Grand Filano 2023 Hybrid NEO Beige. (Foto: Ardiantoyugo)

Harga Yamaha Grand Filano 2023 Hyrbid
Untuk motor ini, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghadirkan dua tipe sekaligus. Masing-masingYamaha Grand Filano LUX dan juga Yamaha Grand Filano NEO. Tedapat dua pilihan warna Yamaha Grand Filano Lux yakni Lux White Pearl dan juga Lux Matte Blue. Sedangkan pilihan warna Yamaha Grand Filano NEO terdapat lebih banyak yakni Neo Dull Blue, Neo Red, Neo Beige, dan juga Neo Black.

Nah, untuk harga, Yamaha Grand Filano 2023 Hybrid dijual mulai dari Rp27.000.000. Harga tersebut merupakan on the road untuk wilayah DKI Jakarta per bulan Januari 2023 in. Berikut harga untuk semua tipe:

– Harga Yamaha Grand Filano Hybrid LUX: Rp27.000.000
– Harga Yamaha Grand Filano Hybrid NEO: Rp27.500.000. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar