Wisata Gunung Pegat Sukoharjo, Destinasi Wisata Alam yang Semakin Populer

Keindahan alam dari atas Gunung Pegat Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Sukoharjo.

Sukoharjonews.com – Gunung Pegat terletak di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Sejak dikelola sebagai destinasi wisata alam mulai 2019, kini lokasi tersebut selalu ramai dikunjungi masyarakat. Baik masyarakat Sukoharjo maupun dari luar Sukoharjo.

Dengan pembangunan yang dilakukan secara bertahap, objek wisata ini menawarkan berbagai fasilitas yang menarik bagi pengunjung. Saat ini, Gunung Pegat dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bersama masyarakat setempat, yang berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi wisata alam ini.

“Perkembangan Gunung Pegat sebagai tempat wisata juga didukung oleh program pemberdayaan masyarakat,” ujar salah seorang pengelola Diman, Jumat (11/10/2024).

“Pada tahun 2023, kami bekerja sama dengan Tim PPK Ormawa UKMI Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet) untuk menjalankan program pemberdayaan masyarakat di sini. Ini memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal,” sambungnya.

Berbagai fasilitas tersedia di Gunung Pegat untuk memanjakan pengunjung, seperti playground, camping area, live music, menara pandang, spot foto, area parkir yang luas, mushola, stand UMKM, kafe, gazebo, kolam renang, serta Embung GP.

Untuk menikmati fasilitas camping area, pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp10.000 per orang, yang sudah termasuk akses air dan Wi-Fi 24 jam. Selain itu, area camping buka selama 24 jam penuh, memungkinkan wisatawan untuk menikmati suasana alam sepanjang malam.

Gunung Pegat beroperasi setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 22.00 WIB, memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menjelajahi keindahan alam serta menikmati fasilitas yang ada sepanjang hari.

Dengan pengelolaan yang baik dan fasilitas yang lengkap, Gunung Pegat terus berkembang sebagai destinasi wisata yang menawarkan pengalaman alam yang unik dan menarik bagi wisatawan dari berbagai daerah.

Gunung Pegat, selain menawarkan keindahan alam di siang hari, juga memiliki daya tarik tersendiri pada malam hari. Menurut Diman, banyak pengunjung yang datang saat malam hari untuk menikmati spot citylight yang memukau.

Dari menara pandang di puncak Gunung Pegat, pengunjung dapat menyaksikan gemerlap lampu Kota Sukoharjo dan sekitarnya, menciptakan pemandangan yang menenangkan sekaligus memukau.

“Spot citylight ini menjadi favorit terutama bagi kalangan muda yang ingin merasakan suasana berbeda di malam hari. Banyak dari mereka yang berfoto atau sekadar duduk menikmati pemandangan lampu-lampu kota,” tambah Diman. (mg-01/nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar