Waspadai, Tanda Anda Mungkin Mengidap Penyakit Ginjal

Tanda mengidap penyakit ginjal. (Foto: halodoc)

Sukoharjonews.com – Organ utama dalam sistem ekskresi pada manusia adalah ginjal, ureter, dan kandung kemih. Organ-organ ekskresi tersebut bekerja sama mengeluarkan banyak limbah nitrogen tubuh, terutama urea yang keluar melalui urine.

Dilansir dari Kidney, Selasa (2/1/2024), jika Anda berisiko terkena penyakit ginjal karena tekanan darah tinggi , diabetes , riwayat gagal ginjal dalam keluarga, atau jika Anda berusia lebih dari 60 tahun, penting untuk menjalani tes penyakit ginjal setiap tahun. Pastikan untuk menyebutkan gejala apa pun yang Anda alami kepada praktisi kesehatan Anda.

Tanda-tanda Penyakit Ginjal
Anda lebih lelah, kurang energi, atau sulit berkonsentrasi.
Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran di dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan orang merasa lelah, lemah dan sulit berkonsentrasi. Komplikasi lain dari penyakit ginjal adalah anemia , yang dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

Anda kesulitan tidur.
Ketika ginjal tidak menyaring dengan baik, racun tetap berada di dalam darah dan tidak keluar dari tubuh melalui urin. Hal ini dapat membuat Anda sulit tidur. Ada juga hubungan antara obesitas dan penyakit ginjal kronis, dan apnea tidur lebih sering terjadi pada penderita penyakit ginjal kronis, dibandingkan dengan populasi umum.

Anda memiliki kulit kering dan gatal.
Ginjal yang sehat melakukan banyak pekerjaan penting. Mereka menghilangkan limbah dan cairan ekstra dari tubuh Anda, membantu membuat sel darah merah, membantu menjaga tulang tetap kuat dan bekerja untuk menjaga jumlah mineral yang tepat dalam darah Anda. Kulit kering dan gatal bisa menjadi tanda penyakit mineral dan tulang yang sering menyertai penyakit ginjal stadium lanjut, ketika ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah Anda.

Anda merasa perlu buang air kecil lebih sering.
Jika Anda merasa ingin buang air kecil lebih sering, terutama pada malam hari, ini bisa menjadi tanda penyakit ginjal. Jika filter ginjal rusak, hal ini dapat menyebabkan peningkatan keinginan untuk buang air kecil. Terkadang hal ini juga bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria.

Anda melihat darah di urin Anda.
Ginjal yang sehat biasanya menjaga sel-sel darah dalam tubuh ketika menyaring limbah dari darah untuk menghasilkan urin, namun ketika filter ginjal telah rusak, sel-sel darah ini dapat mulai “bocor” ke dalam urin. Selain menandakan penyakit ginjal, darah dalam urin bisa menjadi indikasi tumor, batu ginjal, atau infeksi.

Urin Anda berbusa.
elembung yang berlebihan dalam urin – terutama yang mengharuskan Anda membilasnya beberapa kali sebelum hilang – menunjukkan adanya protein dalam urin. Busa ini mungkin terlihat seperti busa yang Anda lihat saat mengaduk telur, karena protein yang umum ditemukan dalam urin, albumin, adalah protein yang sama yang ditemukan dalam telur.

Anda mengalami bengkak terus-menerus di sekitar mata Anda.
Protein dalam urin merupakan tanda awal bahwa filter ginjal telah rusak sehingga memungkinkan protein bocor ke dalam urin. Bengkak di sekitar mata Anda mungkin disebabkan oleh fakta bahwa ginjal Anda mengeluarkan sejumlah besar protein melalui urin, bukan menyimpannya di dalam tubuh.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar