Waspada! Ternyata Makanan Ini Dapat Beracun Jika Sering Dihangatkan

Makanan yang tidak boleh dihangatkan. (Foto: healthline)

Sukoharjonews.com – Selain menghemat uang, memanaskan makanan sisa memang lebih praktis daripada kita memasak kembali makanan yang baru. Ternyata, kebiasaan ini berbahaya bagi kesehatan. Pasalnya, makanan ini jika dihangatkan kembali bisa menghasilkan zat beracun saat dipanaskan ulang.

Oleh karena itu, mengutip dari Web News Obsever pada Kamis (16/2/2023), berikut berapa jenis makanan dapat berubah jadi racun saat dipanaskan kembali:

1. Kentang
Makanan terbaik dan paling sederhana untuk disimpan, dipanaskan, dan dikonsumsi adalah hidangan kentang karena merupakan makanan paling umum yang disiapkan secara teratur. Sayangnya, Anda harus mempertimbangkan kembali jika Anda sering memanaskan kembali sayuran kentang Anda. Meskipun kentang adalah sumber vitamin B6, potasium, dan vitamin C yang baik, memanaskannya berulang kali meningkatkan kemungkinan menghasilkan bakteri. Oleh karena itu, disarankan untuk membuangnya jika tidak digunakan dalam 1-2 hari jika ingin mencegah pembentukan bakteri.

2. Ayam
Anda sudah tahu betapa enaknya ayam panas, tetapi jika Anda mengawetkan hidangan tersebut untuk hari lain, ingatlah untuk tidak memanaskannya terus-menerus; tunggu beberapa saat setelah memadamkannya. Saat ini langsung dipanaskan setelah dikeluarkan dari lemari es, susunan proteinnya benar-benar berubah. Akibatnya, sistem pencernaan mungkin mengalami masalah.

3. Telur
Kita semua tahu bahwa telur adalah sumber protein yang bagus, tetapi memanaskan telur goreng atau rebus berulang kali bisa berbahaya. Makanlah telur goreng segera, tetapi jika sudah disimpan beberapa lama, jangan panaskan kembali; sebagai gantinya, makan saja dalam keadaan dingin karena makanan berprotein tinggi mengandung banyak nitrogen. Pemanasan ulang dapat menyebabkan nitrogen ini teroksidasi, yang kemudian akan menyebabkan penyakit yang mengancam jiwa.

4. Nasi
Dengan mengonsumsi nasi yang dipanaskan kembali, Anda berisiko tertular penyakit makanan. Bacillus Cereus, mikroba yang sangat resisten, harus disalahkan atas hal ini. Bakteri ini dihancurkan oleh panas, tetapi juga dapat menghasilkan produksi spora berbahaya.

5. Sayur berdaun hijau
Hindari memanaskan kembali bayam, dan sayuran berdaun hijau lainnya, di dalam microwave. Saat dipanaskan sekali lagi, sayuran kaya nitrat ini bisa menjadi beracun atau bahkan berubah menjadi kanker. Karena bayam memiliki kandungan zat besi yang tinggi, memanaskan dan menghangatkan kembali bayam dapat menyebabkan zat besi teroksidasi. Oksidasi besi menghasilkan radikal bebas berbahaya yang menyebabkan sejumlah penyakit. (cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar