Waspada! Inilah Makanan yang Harus Dihindari Bagi Penderita Vertigo

Makanan berbahaya bagi penderita vertigo. (Foto: news medical)

Sukoharjonews.com – Ketika vertigo menyerang, kepala kita terasa pusing dan seperti berputar-putar. Vertigo yabg parah bahkan dapat menyebabkan pusing, mual, hingga mubtah. Bagi penderita vertigo, hal ini pasti sangat menyiksa. Meskipun sebenarnya vertigo disebabkan oleh adanya gangguan di dalam telinga, namun sebenarnya ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan vertigo Anda bertambah buruk.

Oleh sebab itu, untuk mengurangi risiko kambuhnya vertigo, Anda harus menghindari beberapa makanan ini yang dipercaya dapat memperburuk kondisi vertigo Anda. Apa saja makanan tersebut? Simak penjelasan yang dikutip dari Siloam Hospital, pada Rabu (22/2/2023) mengenai beberapa makanan yang dapat menperburuk vertigo Anda berikut:

1. Makanan tinggi garam
Penderita vertigo juga harus membatasi makanan tinggi garam karena kandungan sodiumnya dapat menyebabkan penumpukan cairan berlebih di dalam tubuh. Cairan dan elektrolit di dalam tubuh yang tidak seimbang akan memengaruhi pusat keseimbangan pada telinga.

2. Makanan tinggi gula
Makanan penyebab vertigo yang perlu dihindari berikutnya adalah makanan tinggi gula. Makanan tinggi gula turut meningkatkan tekanan cairan dan volume cairan di dalam telinga yang dapat memicu vertigo dan nyeri kepala. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, ada baiknya penderita vertigo menjaga asupan gula hariannya agar tidak lebih dari 50 gram per hari.

3. Alkohol
Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol berlebih sering menjadi pemicu berbagai macam jenis penyakit, tak terkecuali vertigo. Pasalnya, kandungan alkohol dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan yang berisiko menimbulkan sakit kepala dan vertigo.

4. Gorengan
Gorengan termasuk salah satu makanan penyebab vertigo kambuh karena dapat memicu peradangan di dalam tubuh yang turut mengganggu pusat keseimbangan pada telinga. Selain memicu vertigo, gorengan, terutama yang digoreng dengan minyak jelantah, juga berisiko menyebabkan berbagai penyakit degeneratif, seperti stroke, penyakit jantung, Alzheimer, hingga gangguan hati dan kanker.

5. Kafein
Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein secara berlebihan turut menyebabkan kambuhnya vertigo karena menimbulkan efek samping berupa dehidrasi. Di mana, dehidrasi ini membuat tidak seimbangnya cairan yang ada di dalam tubuh sehingga memicu vertigo kembali muncul. Kandungan kafein tersebut juga turut meningkatkan dengungan di dalam telinga yang dapat memperburuk gejala vertigo. Selain itu, mengonsumsi kafein berlebih juga dapat menimbulkan masalah kesehatan lain, seperti diare, jantung berdebar, hingga susah tidur atau insomnia.

Itulah beberapa makanan yang dapat menyebabkan vertigo Anda bertambah buruk. Sebaiknya jika Anda mengalami vertigo, Anda harus batasi makan makanan tersebut, ya. (cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar