Waspada, Inilah Makanan yang Bisa Membuat Anda Menua Lebih Cepat

Makanan yang dapat mempercepat penuaan. (Foto: nibble)

Sukoharjonews.com – Kita tidak dapat mengontrol bagaimana tubuh kita menua seiring bertambahnya usia. Tapi bagian terburuknya adalah hal itu mulai terlihat di kulit terlebih dahulu. Meskipun kita tidak bisa menghentikan penuaan, kita pasti bisa mengurangi atau menunda tanda-tanda penuaan pada kulit. Bagaimana jika kami memberi tahu Anda bahwa kunci untuk tetap terlihat muda mungkin juga ada di tangan Anda? Meskipun banyak dari kita berfokus pada mengonsumsi makanan yang menjanjikan manfaat anti-penuaan, kita sering mengabaikan makanan yang menjadi penyebab sebenarnya; mereka membuat Anda menua lebih cepat dan bahkan dapat menyebabkan penuaan dini.

Dikutip dari NDTV Food, yang dilansir dari beberapa sumber, pada Rabu (3/1/2023), berikut makanan yang dapat membuat Anda cepat menua:

1. Gula Halus
Konsumsi gula yang berlebihan, terutama gula rafinasi, dapat mempercepat proses penuaan. Asupan gula yang tinggi dapat menyebabkan glikasi, suatu proses di mana gula berikatan dengan protein dan membentuk molekul berbahaya yang dikenal sebagai produk akhir glikasi lanjutan (AGEs). AGEs dapat merusak kolagen dan elastin sehingga menyebabkan kerutan dan kulit kendur. Sesuai penelitian di National Library Of Medicine , gula dan fruktosa menghubungkan asam amino yang ada dalam kolagen dan menciptakan AGEs. Ahli gizi Anjali Mukerjee menyarankan agar tidak mengonsumsi makanan penutup karena alasan yang sama.

Solusi: Batasi konsumsi gula dalam makanan Anda dan coba ganti dengan alternatif yang lebih sehat seperti madu dan jaggery (ini juga dalam jumlah sedang). Praktik terbaiknya adalah mengonsumsi makanan manis alami seperti buah-buahan, kurma, dan kismis.

2. Makanan Junk Food
Minyak nabati terhidrogenasi, yang pada dasarnya merupakan lemak trans, sering ditemukan dalam makanan yang digoreng dan terkenal karena dampak buruknya terhadap kesehatan dan kulit. Tidak hanya meningkatkan kadar kolesterol jahat, tetapi juga memicu peradangan, yang memicu penuaan.

Solusi: Hindari junk food sebisa mungkin. Namun Anda tetap bisa menikmati gorengan favorit Anda, asalkan Anda sesekali menyantapnya dan membuatnya segar di rumah.

3. Alkohol Berlebihan
Meskipun konsumsi alkohol dalam jumlah sedang mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan, asupan alkohol berlebihan dapat membuat Anda menua lebih cepat. Alkohol membuat tubuh dehidrasi, menyebabkan kulit kering dan keriput. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menjelaskan bahwa konsumsi alkohol merusak sistem pertahanan antioksidan kulit, sehingga membuat Anda terlihat lebih tua dari usia Anda.Solusi: Minumlah secukupnya sebagai aktivitas santai, bukan rutinitas. Periksa di sini pedoman ahli tentang minum dalam jumlah sedang. Lebih baik lagi, hindari alkohol sama sekali.

4. Mengonsumsi Daging Olahan
Daging olahan seperti sosis, pepperonis, dan hot dog sering kali mengandung natrium, sulfit, dan lemak jenuh dalam jumlah tinggi. Healthline menunjukkan bahwa konsumsi daging ini secara berlebihan akan membuat kulit dehidrasi, dan dapat melemahkan kolagen, sehingga menyebabkan peradangan kulit.

Solusi: Hanya ada satu – berhenti mengonsumsi daging olahan sekaligus.

5. Kelebihan Kafein
Memang benar bahwa kafein memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk kulit kita, namun jika dikonsumsi terlalu banyak, dapat berdampak buruk pada kulit dan membuat Anda terlihat lebih tua. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Medical University of Bialystok menyatakan bahwa Kafein mengurangi sintesis kolagen, yang membuat kulit kehilangan elastisitasnya dan menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Solusi: Minumlah kopi atau teh secukupnya atau ganti dengan minuman sehat lainnya seperti teh herbal, smoothies, dan air kelapa.

Untuk menua dengan anggun, sebaiknya hindari makanan yang membuat Anda menua lebih cepat dan usahakan makan makanan sehat untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh Anda.(cita septa)

q

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar