Waspada! Inilah Efek Samping Menggunakan Ponsel di Pagi Hari

Efek samping menggunakan ponsel dipagi hari. (Foto: ameera)

Sukoharjonews.com – Kebanyakan dari kita mencari ponsel di pagi hari. Alasannya bisa berbeda-beda, mulai dari memeriksa notifikasi terkait pekerjaan dan pesan pribadi hingga mengetahui berita terkini. Namun, jika rutinitas ini berubah menjadi kebiasaan yang sulit dihentikan, hal ini bisa mengindikasikan timbulnya kecanduan. Orang sulit menghindarinya karena menelusuri media sosial di pagi hari memicu pelepasan dopamin, hormon perasaan senang. Hal ini membuat otak Anda sulit untuk mencegah kebiasaan ini.

Dikutip dari Healthshots, pada Jumat (29/12/2023), sebuah studi dari International Data Corporation mengungkapkan bahwa 80 persen pengguna ponsel cerdas memeriksa perangkat mereka dalam 15 menit pertama setiap pagi. Apa pun alasannya, menuruti perilaku ini dapat berdampak buruk pada kesejahteraan Anda. Inilah dampak buruk menggunakan ponsel di pagi hari:

1. Dapat menyebabkan stres
Paparan berbagai informasi dan pemberitahuan segera setelah Anda bangun dapat menimbulkan rasa terdesak dan stres. Pembaruan terus-menerus tentang pekerjaan, media sosial, atau berita dapat berkontribusi pada perasaan tertekan, sehingga menciptakan suasana stres pada hari itu.

2. Ini mungkin mengganggu siklus tidur Anda
Menggunakan ponsel sebelum tidur dan segera setelah Anda bangun dapat mengganggu siklus tidur Anda. Cahaya biru yang dipancarkan layar mengganggu produksi melatonin. Hal ini dapat membuat Anda lebih sulit tertidur dan berpotensi menyebabkan malam gelisah.

3. Dapat mempengaruhi fungsi otak
Memeriksa ponsel segera setelah bangun tidur dapat menghambat fungsi kognitif Anda. Alih-alih membiarkan otak Anda bersantai secara alami sepanjang hari, membombardirnya dengan informasi secara langsung dapat mengganggu proses bangun dan waspada sepenuhnya.

4. Ini mungkin membuat mata Anda tegang
Menatap layar yang terang dalam waktu lama, terutama di pagi hari saat mata Anda masih menyesuaikan diri dengan cahaya, dapat membuat mata Anda lelah. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan, sakit kepala, dan mata kering, sehingga berdampak pada kesehatan penglihatan Anda secara keseluruhan.

5. Ini mungkin memperlambat Anda
Meskipun mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, memulai hari Anda dengan menelusuri ponsel dapat memperlambat rutinitas pagi Anda. Waktu yang dihabiskan di depan perangkat Anda dapat dimanfaatkan dengan lebih baik untuk aktivitas seperti olahraga, meditasi, atau sarapan bergizi yang dapat memberikan suasana positif pada hari itu.

6. Ini dapat memperburuk kecanduan Anda
Terus-menerus meraih ponsel setelah bangun tidur dapat memperkuat perilaku kecanduan. Demam dopamin saat memeriksa notifikasi atau melakukan aktivitas online dapat menimbulkan ketergantungan, sehingga lebih sulit untuk melepaskan diri dari kebiasaan tersebut dan mengurangi fokus dan rentang perhatian Anda secara keseluruhan.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar