Waspada! Faktor Gaya Hidup Ini Dapat Sebabkan Tingkat Risiko Menderita Kanker Payudara

Sukoharjonews.com – Kanker adalah penyakit kompleks yang berasal dari berbagai penyebab. Tetapi faktor gaya hidup tertentu dapat meningkatkan peluang Anda terkena kanker payudara.

Melansir dari WebMD, wanita di seluruh dunia lebih mungkin terkena kanker payudara daripada jenis lainnya, selain kanker kulit . Di AS, 1 dari 8 wanita akan didiagnosis menderita kanker payudara pada suatu saat dalam hidup mereka. Oleh karena itu, berikut faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara yang dikutip dari WebMD, pada Jumat (17/2/2023):

1. Berat badan
Lebih dari 70% orang dewasa Amerika kelebihan berat badan . Risiko kanker payudara meningkat dengan berat ekstra, terutama jika Anda mendapatkannya setelah menopause. Dan kelebihan berat badan atau obesitas membuat kanker Anda lebih mungkin untuk kembali. Tapi tidak semua lemak sama. Jenis di sekitar perut Anda lebih berbahaya daripada di pinggul atau paha Anda. Ini menciptakan hormon insulin, yang terlalu banyak dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Menurunkan hanya 5%-10% dari berat badan Anda dapat membuat perbedaan. Jika Anda perlu menurunkan berat badan, targetkan setengah pon per minggu sampai Anda mencapai sasaran.

2. Merokok
Peluang Anda terkena kanker payudara lebih tinggi jika Anda mulai merokok sebelum usia 17 tahun. Setelah berhenti, risiko Anda akan tetap tinggi selama sekitar 20 tahun.

3. Kurang vitamin D
Tingkat rendah dapat menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk kanker payudara. Anda mendapatkan vitamin D dari beberapa makanan atau suplemen. Tubuh Anda membuatnya ketika kulit Anda menyerap sinar matahari. Bahkan dapat menghentikan pertumbuhan kanker. Orang-orang di Amerika Serikat Timur Laut meninggal lebih sering karena kanker payudara daripada di daerah yang lebih hangat. Tapi terlalu banyak sinar matahari langsung dapat meningkatkan risiko kanker kulit. 15 menit sinar matahari tiga kali seminggu biasanya sudah cukup.

4. Pola makan yang buruk
Pola makan yang tidak sehat berat pada makanan olahan seperti keripik, kue, dan permen. Selain itu makanan utuh, seperti biji-bijian dan buah-buahan dan sayuran segar. Itu dapat meningkatkan risiko kanker Anda. Jadi mungkin makan banyak daging merah dan olahan. Makanan yang dimasak dengan suhu tinggi menyerap bahan kimia penyebab kanker. Makan tidak lebih dari tiga porsi daging merah per minggu. Ini adalah total 12-18 ons. Sebuah studi yang mengamati wanita muda yang makan banyak daging merah di masa remaja dan dewasa awal menemukan bahwa mereka memiliki peluang 22% lebih tinggi terkena kanker payudara di kemudian hari.

5. Alkohol
Minum terlalu banyak meningkatkan kadar estrogen dan hormon lain yang terkait dengan kanker payudara. Ini juga dapat merusak sel DNA Anda. Jika Anda minum tiga atau lebih minuman beralkohol per minggu, risiko Anda naik 15%. Ini naik 10% lagi untuk setiap minuman di luar tiga minuman harian. Minuman nonalkohol adalah pengganti yang bebas risiko. (cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar