Waspada, Berikut Tanda Seorang Pria Mempunyai Hormon Testosteron yang Rendah

Tanda-tanda pria dengan testosteron rendah.(Foto: kompashealth)

Sukoharjonews.com – Testosteron adalah hormon seks yang sering dikaitkan dengan pria, meskipun wanita memilikinya dalam jumlah sedikit. Kadar testosteron rendah pada pria dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Hal ini juga dapat memengaruhi tidur, suasana hati, ukuran testis, dan banyak lagi. Pada pria dan wanita, testosteron rendah dapat menyebabkan massa tulang yang lebih rendah dan gairah seks yang berkurang.


Dikutip dari Mother and Beyond, pada Kamis (5/9/2024), berikut tanda seprang pria mempunyai hormon testosteron yang rendah:

1. Sulit Ereksi
Selain berkaitan dengan hasrat seksual pria, testosteron juga bertanggung jawab dengan ereksi pria, baik untuk menstimulasi maupun menjaganya tetap ereksi. Sebenarnya testosteron tidak menyebabkan ereksi, tetapi hanya menstimulasi reseptor otak untuk menghasilkan nitrit oksida, yang menjadi “bahan bakar” untuk memicu reaksi kimia di tubuh agar terjadi ereksi. Makin sedikit testosteron, artinya makin sedikit nitrit oksida, maka makin jarang pula ereksi terjadi.

2. Rambut Rontok
Tak hanya bertanggung jawab seputar kejantanan pria, testosteron juga menjaga produksi rambut pria. Rambut tidak tumbuh di beberapa area kepala adalah hal alami bagi pria. Namun, risiko ini bisa meningkat pada pria yang kadar testosteronnya rendah. Tak hanya kebotakan di area kepala, rambut rontok di area tubuh dan wajah juga bisa menjadi tanda testosteron rendah pada pria.


3. Hasrat Seksual Rendah
Hormon testosteron berperan penting pada hasrat seksual pria. Itulah sebabnya semakin bertambah usia pria, maka hasrat seksualnya juga kerap menurun atau bahkan rendah. Menurut Healthline, umumnya penurunan hasrat seksual pria akan berkurang drastis ketika hormon testosteronnya rendah.

4. Gampang Lupa
Fungsi kognitif seperti kemampuan otak untuk mengingat memang bisa berkurang seiring bertambahnya usia. Risiko ini semakin meningkat pada pria jika kadar testosteronnya rendah. Menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of American Medical Association (JAMA), sudah banyak penelitian yang berkaitan dengan suplementasi testosteron dengan meningkatnya daya ingat pria yang sebelumnya mudah lupa.


5. Suram
Tak hanya wanita yang suasana hatinya mudah berubah, pria dengan testosteron rendah juga bisa moody, lho! Hal ini karena testosteron mempengaruhi banyak proses fisik, termasuk suasana hati dan kapasitas mental seseorang. Sebuah penelitian bahkan mengungkap fakta bahwa pria dengan kadar testosteron rendah lebih mudah mengalami depresi dan sulit fokus.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *