Wanita Perlu Tau, Inilah Makanan yang Dapat Bantu Tingkatkan Kadar Kalsium

Sumben kalsium.(Foto: istock)

Sukoharjonews.com – Kalsium adalah mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta berperan dalam fungsi saraf, kontraksi otot, dan pembekuan darah. Penting bagi kita untuk mendapatkan asupan kalsium yang cukup melalui makanan sehari-hari. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh.


Dikutip dari Jpnn, pada Jumat (28/6/2024), berikut makanan yang bantu tingkatkan kadar kalsium pada wanita:

1. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun gelap seperti kangkung, sawi, bayam, dan lobak Swiss merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Sayuran ini tidak hanya kaya kalsium, tetapi juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin K, magnesium, dan serat yang berkontribusi terhadap kesehatan tulang.

Meskipun bayam mengandung kalsium tingkat tinggi, makanan ini juga mengandung oksalat, yang bisa menghambat penyerapan kalsium. Memasak atau memadukan sayuran berdaun hijau dengan makanan kaya vitamin C bisa meningkatkan penyerapan kalsium.


2. Biji wijen
Biji wijen merupakan sumber kalsium terkonsentrasi dan bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam makanan. Hanya satu sendok makan biji wijen menyediakan sejumlah besar kalsium.

Biji wijen bisa ditaburkan di salad, ditambahkan ke tumisan atau digunakan untuk membuat tahini, pasta yang biasa digunakan dalam masakan Timur Tengah. Biji wijen juga kaya akan nutrisi lain seperti magnesium, zat besi, dan seng, menjadikannya tambahan nutrisi.

3. Produk susu
Produk susu seperti susu, keju, dan yoghurt merupakan salah satu sumber kalsium terkaya.

Produk susu menyediakan bentuk kalsium yang mudah diserap bersama dengan nutrisi penting lainnya seperti protein, vitamin D, dan fosfor, yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Pilihlah varietas rendah lemak atau tanpa lemak untuk meminimalkan asupan lemak jenuh.

Namun, beberapa wanita mungkin tidak toleran terhadap laktosa atau memiliki alergi susu, jadi sumber alternatif sangat penting.


4. Almond
Almond tidak hanya merupakan camilan sehat, tetapi juga merupakan sumber kalsium yang baik. Kacang ini memberikan cara yang nyaman untuk meningkatkan asupan kalsium, terutama bagi wanita yang tidak mengonsumsi produk susu atau memiliki intoleransi laktosa. Almond juga mengandung nutrisi lain seperti magnesium, vitamin E, dan protein, yang mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Gabungkan almond ke dalam makanan Anda dengan memakannya sebagai camilan, menambahkannya ke salad atau yoghurt, atau menggunakan susu almond sebagai alternatif produk susu.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *