Wanita Harus Tahu, Inilah Penyebab Jerawat Sulit Hilang

Penyebab jerawat susah hilang. (Foto: freepik)

Sukoharjonews.com – Jerawat sepertinya masih menjadi salah satu musuh terbesar banyak orang, ya. Hal ini pun tentu saja menyebalkan karena jerawat bisa mengganggu penampilan. Tak jarang, timbulnya jerawat juga membuat beberapa orang menjadi tidak percaya diri.

Dilansir dari Byrdie, Rabu (10/5/2023), tidak heran jika orang-orang yang mengalami masalah jerawat akan mencari berbagai cara untuk membuat kulitnya mulus kembali. Namun, hal ini nampaknya juga bukan suatu perkara yang mudah.

ntuk kamu yang sering merasa lesu dan kelelahan, kamu wajib mencoba makanan-makanan berikut ini yang dipercaya dapat membantu mengusir rasa kantuk

1. Tidak Memakai Produk Tepat
Banyak produk yang mengklaim bisa membantu memusnahkan jerawat. Sayangnya, tak semua di antara produk tersebut benar-benar berfungsi secara optimal. Terkait hal ini, kandungan bahan menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan.

Ketika kamu mencari produk, pilihlah yang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida. Kedua kandungan tersebut termasuk bahan yang paling ampuh dalam mencegah pori-pori dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

2. Kurang Menjaga Kebersihan
Sudah pakai produk yang tepat tapi jerawat masih juga tak mau hilang? Hal ini mungkin saja disebabkan karena kamu kurang menjaga kebersihan. Kebiasaan seperti jarang mengganti sarung bantal, sering menyentuh wajah, hingga lupa mencuci muka sebelum tidur ikut berperan dalam memperparah jerawat.

Selain itu, kebiasaan memencet jerawat juga dapat membuat kondisi wajah menjadi lebih buruk. Sebab hal tersebut bisa membuat jaringan kulit justru menjadi rusak.

3. Memakai Banyak Produk
Produk perawatan memang bisa membantu membersihkan jerawat. Namun, bukan berarti bahwa kamu harus menggunakan banyak produk untuk benar-benar bisa lepas dari permasalahan jerawat.

Mengenai hal ini, kamu tidak boleh mudah terlena dengan iklan produk. Pilih beberapa saja dan fokuslah menggunakan produk tersebut. Terlalu banyak menggunakan produk hanya akan memicu iritasi dan memperparah kondisi jerawat.

4. Makan Sembarangan
Pada kondisi tertentu, jerawat juga dapat timbul akibat faktor makanan. Faktanya, segala yang dikonsumsi pun memang akan berdampak pada kesehatan tubuh maupun kulit. Dengan demikian, jika saat ini kamu masih menghadapi masalah jerawat, maka kamu sebaiknya lebih mengevaluasi lagi makanan yang kamu konsumsi.

Sederet makanan seperti gorengan, cokelat, hingga susu mungkin memang tidak secara langsung menyebabkan jerawat. Meski begitu, makanan ini dinilai dapat memperburuk masalah kulit.

Oleh karena itu, selain rutin menggunakan produk perawatan kamu juga perlu memperhatikan soal makanan. Upayakan mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan, ya.

5. Kondisi Hormon
Jerawat masih susah hilang padahal sudah gunakan produk perawatan hingga menjaga makan? Alasan terjadinya hal ini kemungkinan besar disebabkan karena kondisi hormon.

Tak bisa dimungkiri bahwa remaja yang mulai memasuki masa pubertas lebih mudah mengalami jerawat. Kondisi ini bisa berlanjut sampai dewasa saat usia 20 hingga 30-an.

Timbulnya jerawat akibat perubahan hormon pun menjadi hal yang cukup sulit dihindari. Apalagi jika tipe kulitmu memang cenderung sudah sensitif. Kamu hanya perlu konsisten menjaga pola makan dan tetap menggunakan produk perawatan agar jerawat tak semakin parah.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar