Waktu Terbaik Minum Vitamin

Waktu terbaik minum vitamin.(Foto: triechun)

Sukoharjonews.com – Vitamin sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda. Vitamin membantu tubuh melawan infeksi, menjaga kesehatan saraf, dan membantu pembekuan darah, serta berbagai fungsi penting lainnya. Vitaminjuga membantu mengurangi stres dan meningkatkan tingkat energi Anda.

Dilansir dari medicinenet, Jum’at (25/10/2024), waktu mengonsumsi suplemen menjadi perhatian banyak orang. Pertama, Anda harus tahu bahwa waktu terbaik untuk mengonsumsi vitamin adalah saat penyerapan tubuh sedang maksimal.

Beberapa orang berpendapat bahwa lebih baik mengonsumsi vitamin di malam hari karena tubuh mendapatkan makanan dan nutrisi sepanjang hari. Mereka berpendapat bahwa mengonsumsi vitamin di malam hari akan lebih bermanfaat bagi tubuh karena vitamin akan diserap saat Anda tidur.

Namun, mengonsumsi suplemenpada malam hari bukanlah kebiasaan yang baik karena pencernaan dan metabolisme tubuh melambat saat Anda tidur. Ini berarti bahwa ketika Anda mengonsumsi vitamin pada malam hari, vitamin tersebut tidak diserap seefisien pada siang hari.

Waktu terbaik untuk mengonsumsi vitamin sangat bergantung pada jenis vitamin yang Anda konsumsi. Beberapa vitamin sebaiknya dikonsumsi di pagi hari agar penyerapannya maksimal. Vitamin lain, terutama yang dapat meningkatkan relaksasi, sebaiknya dikonsumsi sebelum tidur.

Kapan harus minum vitamin?
Karena vitamin sebaiknya diminum saat tubuh paling baik menyerapnya, berikut adalah rincian waktu mengonsumsi vitamin tertentu.

Di pagi hari
Semua vitamin B (kecuali folat) berperan dalam proses produksi energi tubuh Anda. Oleh karena itu, suplemen vitamin ini dapat memberikan efek memberi energi. Misalnya, lebih baik mengonsumsi vitamin B12 di pagi hari karena alasan ini.

Penting juga untuk mengonsumsi vitamin B6 di siang hari. Jika dikonsumsi di malam hari, vitamin ini dapat mengganggu tidur dan menyebabkan mimpi buruk.

Di malam hari
Vitamin E merupakan antioksidan dan memiliki banyak manfaat bagi orang yang sulit tidur. Karena vitamin E memiliki efek neuroprotektif, sebaiknya vitamin E dikonsumsi pada malam hari. Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin E saat makan malam atau sebelum tidur.

Dengan makanan
Beberapa vitamin, khususnya vitamin yang larut dalam lemak A, D, E, dan K, sebaiknya dikonsumsi bersama makanan agar penyerapannya maksimal. Vitamin D sebaiknya dikonsumsi bersama makanan utama dalam sehari.

Tanpa makanan
Di sisi lain, vitamin yang larut dalam air terutama vitamin B dan vitamin C paling baik diserap saat perut kosong. Mengonsumsi vitamin ini sebelum makan seperti sarapan adalah pilihan yang ideal.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *