Vivo T1 5G vs Oppo K10 5G: Perbandingan Spesifikasi, Kebelihan dan Kekurangannya

Vivo T1 5G vs Oppo K10 5G. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Tahun ini Oppo meluncurkan beberapa varian dari seri Oppo K10. Sementara di China Oppo K10 5G adalah ponsel kelas atas, di India ponsel ini terjangkau, meski memiliki nama yang sama persis. Kali ini, kami akan membandingkannya dengan salah satu handset paling penting dalam kisaran harga yang sama.


Dikutip dari Gizmochina, (12/7/2022), satu perangkat lainnya adalah Vivo T1 5G yang merupakan perangkat yang lebih tua, tetapi masih memiliki semua fitur untuk bersaing dengan Oppo baru yang berbiaya rendah. Mereka datang dengan spesifikasi yang berbeda tetapi serupa dan dalam perbandingan ini, kami akan menyoroti perbedaan utama antara spesifikasi Oppo K10 5G dan Vivo T1 5G.

Desain
Jangan mengharapkan desain premium dari perangkat ini. Mereka adalah ponsel yang sangat terjangkau dan dibuat dengan bahan yang murah. Oppo K10 5G dan Vivo T1 5G seluruhnya terbuat dari polikarbonat dengan pengecualian kaca depan. Desain mereka tidak terlalu menarik: mereka datang dengan lekukan tetesan air dan dagu yang cukup tebal, tetapi mereka tidak dapat didefinisikan sebagai perangkat yang jelek.

Oppo K10 5G lebih menarik karena dua alasan: lebih tipis (ketebalannya 8 mm) dan memiliki sertifikasi IPX4 sehingga tahan air (tahan percikan, tetapi Anda tidak dapat meletakkannya di bawah air tanpa kerusakan). Selebihnya, handset ini tidak jauh berbeda dalam hal desain.


Fitur
Jika Anda membutuhkan tampilan paling canggih, maka Anda harus menggunakan Vivo T1 5G. Ini memiliki panel IPS LCD dengan diagonal 6,58 inci, resolusi Full HD+ 1080 x 2408 piksel, dan kecepatan refresh 120 Hz. Oppo K10 5G memiliki layar 6,56 inci dengan resolusi HD+ 720p yang lebih rendah dan kecepatan refresh 90 Hz yang lebih rendah.

Sayangnya, handset ini tidak dilengkapi dengan layar kelas atas, jadi Anda tidak boleh mengharapkan kualitas gambar yang bagus dan reproduksi warna yang realistis. Mereka adalah panel yang terjangkau dengan kinerja yang memadai. Kedua ponsel dilengkapi dengan pembaca sidik jari yang dipasang di samping (diletakkan pada tombol daya), tetapi Oppo K10 5G adalah satu-satunya dengan speaker stereo, memberikan pengalaman audio yang lebih baik.

Spesifikasi & Perangkat Lunak
Vivo T1 5G ditenagai oleh chipset Snapdragon 695 5G: sebuah SoC yang dibangun pada 6 nm dengan arsitektur octa-core yang terdiri dari dua inti Kryo 660 Gold yang berjalan pada frekuensi 2,2 GHz, enam inti Kryo 660 Silver yang berjalan pada 1,7 GHz, dan GPU Adreno 619. Ini adalah chipset yang unggul jika dibandingkan dengan Mediatek Dimensity 810 yang terdapat pada Oppo K10 5G: sebuah SoC octa-core yang dibangun pada 6 nm yang terdiri dari dua core Cortex A76 yang berjalan pada frekuensi 2,4 GHz, enam core Cortex A55 yang berjalan pada 2 GHz, dan GPU Mali G57 MC2.

Ponsel Oppo hanya hadir dalam konfigurasi dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal UFS 2.2 128 GB, sedangkan Vivo T1 5G menawarkan opsi lain dengan RAM 4, 6, atau 8 GB dan penyimpanan asli 128 GB. Anda dapat memperluas penyimpanan internal dengan slot micro SD di kedua ponsel. Oppo K10 5G menjalankan Android 12 di luar kotak, disesuaikan dengan ColorOS 12.1, sedangkan Vivo T1 5G dikirimkan dengan Android 11 yang disesuaikan oleh Funtouch OS 12.


Kamera
Kamera tercanggih yang ditawarkan Vivo T1 5G: hadir dengan tiga kamera belakang termasuk sensor utama 50 MP, lensa makro 2 MP, dan sensor kedalaman 2 MP. Di bagian depan, ia menggunakan kamera selfie 16 MP dengan aperture fokus f/2.0. Dengan Oppo K10 5G, Anda mendapatkan sensor utama 48 MP yang kurang mengesankan, lensa kedalaman 2 MP, dan kamera selfie 8 MP. Tidak ada tantangan, Anda bisa melihat dengan jelas siapa pemenangnya.

Baterai
Kedua ponsel ini sama-sama dibekali baterai 5000 mAh, namun Oppo K10 5G patut menjadi yang memiliki daya tahan baterai paling lama karena memiliki layar dengan resolusi lebih rendah dan kecepatan refresh yang lebih rendah. Selanjutnya, ColorOS 12.1 memiliki sistem manajemen daya yang sangat baik dan opsi hemat energi yang sangat canggih. Kecepatan pengisian berbeda karena perangkat Oppo memiliki fitur pengisian cepat 33W dan Vivo berhenti pada 18W.

Harga
Harga awal Oppo K10 5G di pasar India adalah 18.450 Rupee atau sekitar Rp3,4 jutaan. Anda membutuhkan setidaknya 18.999 Rupee atau sekitar Rp3,5 jutaan untuk membeli satu unit Vivo T1 5G, jika kita tidak mempertimbangkan harga “on the road”. Ponsel murah Oppo menawarkan versi Android yang lebih baru dengan antarmuka pengguna yang lebih canggih, serta sertifikasi IPX4 dan teknologi pengisian daya yang lebih cepat, sedangkan Vivo T1 5G menampilkan tampilan yang lebih baik, chipset yang unggul, dan bahkan kamera yang lebih baik. Mana yang akan Anda pilih?


Vivo T1 5G vs Oppo K10 5G: Kelebihan dan Kekurangan

Vivo T1
Kelebihan
– Perangkat keras yang unggul
– Lebih banyak konfigurasi memori
– Tampilan yang lebih baik
– Kamera superior

Kekurangan
– Dikirim dengan Android 11

Oppo K10 5G
Kelebihan
– Android 12 di luar kotak
– Sertifikasi IPX4
– Pengisian lebih cepat
– Speaker stereo

Kekurangan
– Perangkat keras yang lebih rendah
– Kamera rendah. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *