Vitamin Penting untuk Menjaga Kesehatan Jantung Anda

Vitamin untuk menjaga kesehatan jantung.(Foto: blackmores)

Sukoharjonews.com – Tahukah Anda bahwa masalah yang berhubungan dengan jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia? Sesuai data Organisasi Kesehatan Dunia, penyakit kardiovaskular menyebabkan lebih dari 17 juta nyawa setiap tahun. Meskipun ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, pola makan yang tidak sehat adalah prioritas utama. Ada kelompok makanan tertentu yang perlu Anda fokuskan untuk mencegah penyakit jantung, dan salah satu kelompok tersebut adalah vitamin.


Dikutip dari Healthshots, pada Rabu (19/6/2024), vitamin juga membantu menjaga berfungsinya pembuluh darah, memastikan berfungsinya sistem kardiovaskular. Kekurangan vitamin esensial dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung , menekankan pentingnya asupan yang cukup melalui diet atau suplemen. Berikut beberapa jenis vitamin yang penting untuk kesehatan jantung:

1. Vitamin D
Dikenal sebagai vitamin sinar matahari, vitamin ini memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Current Treatment Options in Cardiovaskular Medicine menemukan bahwa rendahnya kadar vitamin D dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Memiliki cukup vitamin D dapat membantu mengatur tekanan darah dan meningkatkan fungsi sistem kardiovaskular. Meskipun paparan sinar matahari adalah sumber vitamin D terbaik, Anda juga dapat memasukkan makanan seperti makanan berminyak, daging merah, hati, kuning telur, dan makanan yang diperkaya untuk meningkatkan asupan vitamin D.


2. Vitamin B12
Sama seperti vitamin B6, vitamin B12 penting untuk menurunkan kadar homosistein dalam darah. Kekurangan vitamin B12 telah dikaitkan dengan kondisi yang disebut hyperhomocysteinemia, yang kemungkinannya dapat dikurangi dengan asupan makanan kaya vitamin B12 yang tepat, ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine . Sertakan ikan, susu, keju, telur, sereal sarapan yang diperkaya, dan daging dalam makanan Anda.

3. Vitamin C
Vitamin C merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk penyakit kardiovaskular. Dikenal karena sifat antioksidannya, vitamin C membantu melindungi dinding arteri dari kerusakan, mengurangi peradangan, dan mencegah oksidasi kolesterol LDL, yang merupakan faktor kunci dalam perkembangan aterosklerosis, kata Dr Chandra. Anda harus makan buah jeruk, paprika, stroberi, brokoli, kubis brussel, kentang, dan blackcurrant.

4. Vitamin B6
Juga dikenal sebagai piridoksin, vitamin B6 adalah salah satu vitamin penting yang dibutuhkan tubuh Anda agar tetap sehat. Kekurangan vitamin B6 dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, kata sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Sub-cellular Biochemistry . Ini membantu mengurangi kadar homosistein, sejenis asam amino yang terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Daging babi, ikan, kacang tanah, oat, pisang, susu, beberapa sereal sarapan yang diperkaya, kedelai, dan bibit gandum merupakan sumber vitamin B6 yang baik.


5. Vitamin K
Penting untuk pembekuan darah, vitamin K juga membantu mencegah pengapuran arteri, sehingga mengurangi risiko penyakit arteri koroner, jelas Dr Chandra. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Current Nutrition Reports , vitamin K membantu menjaga penyakit kardiovaskular, terutama pada orang yang memiliki pasien penyakit ginjal berisiko tinggi dan kronis.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *