Vitamin dan Mineral yang Mendukung Pertumbuhan dan Kesehatan Rambut

nutrisi rambut.(Foto: healthshots)

Sukoharjonews.com – Jumlah vitamin dan mineral dalam tubuh Anda dapat memengaruhi pertumbuhan rambut dan kesehatan rambut Anda secara keseluruhan. Vitamin dan mineral yang Anda peroleh dari makanan, dan terkadang dari sinar matahari, sangat penting untuk pertumbuhan dan fungsi sel.


Dilansir dari health, Rabu (4/9/2024), Jika Anda tidak mendapatkan cukup unsur-unsur ini secara alami, Anda mungkin mengalami kekurangan vitamin atau kadar satu atau lebih vitamin rendah. Kekurangan vitamin dapat memengaruhi kesehatan dalam beberapa cara dan bergantung pada vitamin atau mineral yang Anda kekurangan, dapat memengaruhi kesehatan rambut Anda. Anda dapat memperbaiki kekurangan vitamin dengan mengonsumsi makanan yang seimbang atau mengonsumsi suplemen.

Besi
Zat besi merupakan mineral penting yang memengaruhi semua fungsi sel. Zat besi berperan penting dalam pertumbuhan sel yang cepat, termasuk sel-sel di folikel rambut. Folikel rambut menyimpan protein yang disebut feritin; protein ini melepaskan zat besi saat kadarnya dalam darah rendah.

Vitamin D
Vitamin D memengaruhi rambut dengan memengaruhi siklus pertumbuhan rambut. Folikel rambut memiliki reseptor yang mengikat vitamin D. Saat vitamin D menempel pada reseptor, vitamin D membantu mendorong tahap anagen (pertumbuhan aktif) pertumbuhan rambut. Jika tubuh tidak mendapatkan cukup vitamin D melalui makanan atau sinar matahari, Anda dapat mengalami jeda dalam pertumbuhan rambut atau peningkatan kerontokan.


Asam Folat
Asam folat bersifat sintetis, artinya merupakan versi folat buatan manusia . Tubuh Anda tidak menyimpan asam folat, jadi penting untuk mendapatkan vitamin ini melalui pola makan yang sehat . Folat memiliki banyak peran dalam tubuh, seperti membantu pembuatan DNA yang membawa informasi genetik. Folat juga membantu jaringan tumbuh dan sel berfungsi.

Seng
Seng berperan penting dalam pembelahan dan reproduksi sel, termasuk sel yang berperan dalam pertumbuhan rambut. Seng juga memengaruhi kesehatan rambut secara keseluruhan karena merupakan mineral penting untuk mengembangkan folikel rambut dan fungsinya.

Asam amino
Biotin membantu membuat protein, seperti keratin, yang memperkuat helaian rambut.Kebanyakan orang bisa mendapatkan biotin dari makanan mereka. Bakteri usus juga bertanggung jawab untuk menghasilkan kadar vitamin ini dalam jumlah yang cukup.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *