Vaksinasi Pertama Sukoharjo Dijadwalkan Besok, Dilakukan Pada 10 Orang

Ilustrasi.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Jadwal vaksinasi corona untuk Sukoharjo akhirnya sudah didapat. Rencananya, vaksinasi akan dilakukan Senin (25/1/2021) besok di RSUD Ir Soekarno. Vaksinasi akan dilakukukan pada 10 orang yang terdiri dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tokoh agama, organisasi profesi, dan juga perwakilan media massa.



“Vaksin kami ambil di Semarang Minggu (24/1/2021) ini. Untuk Sukoharjo mendapat kuota 6.326 dosis,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Yunia Wahdiyati.

Yunia mengaku, sebelumnya sudah dilakukan “screening” pada 10 orang yang akan menerima vaksin. “Screening” harus dilakukan karena penerima vaksin harus memenuhi sejumlah persyaratan kesehatan terlebih dahulu. Jika dalam “screening’ ada yang tidak memenuhi syarat, maka pemberian vaksin akan ditunda hingga dibatalkan.

Untuk bisa menerima vaksin, ujar Yunia, ada 14 variabel yang akan ditanyakan. Hal itu sesuai dengan petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan. Syarat tersebut antara lain tidak memiliki penyakit yang masuk dalam format “screening”. Seperti pernah positif corona, mengalami gejala batuk, pilek, sesak napas dalam tujuh hari terakhir.

“Juga tidak sedang mendapatkan terapi aktif jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah, penyakit jantung, autoimun, ginjal, dan saluran pencernaan,” ujar Yunia.

Yunia juga mengatakan, untuk mengetahui ada tidaknya reaksi yang mungkin muncul setelah menerima vaksin, penerima diminta untuk menunggu 30 menit usai penyuntikan. Setelah pemberian vaksin pertama untuk 10 orang, vaksinasi akan dilanjutkan siang hari pada tenaga kesehatan (nakes) di setiap Puskesmas dan rumah sakit. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed