Vaksinasi Corona Dimulai, Vaksin Pertama Diterima Ketua DPRD

Ketua DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi ketika divaksin corona disaksikan Bupati Wardoyo Wijaya dan Bupati Terpilih Etik Suryani, Senin (25/1/2021).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Sukoharjo memulai program vaksinasi corona. Pencanangan vaksinasi corona tersebut dilakukan di RSUD Ir Soekarno, Senin (25/1/2021). Untuk tahap pertama dilakukan vaksinasi pada 10 orang dilanjutkan pada 6.896 tenaga kesehatan (nakes). Ketua DPRD, Wawan Pribadi menjadi orang pertama yang menerima vaksin corona tersebut.



“Untuk Sukoharjo, saat ini total kasus positif corona mencapai 3.656 kasus dan 224 diantaranya meninggal dunia dimana persentase angka kematian tersebut 6,1% dan diatas angka kematian nasional,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Yunia Wahdiyati.

Menurutnya, tingginya kasus corona di Sukoharjo diperlukan bentuk antisipasi lain yang intensif, yakni vaksinasi untuk mencegah penularan virus. Vaksinasi sendiri bertujuan untuk mengurangi transmisi atau penularan coronba, menurunkan angka kesakitan dan kematian, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity) dan melindungi masyarakat agar tetap produktif secara social dan ekonomi.

Untuk sasaran vaksinasi di Sukoharjo sendiri sebanyak 579.681 orang. Terdiri dari tenaga kesehatan 6.896 orang, pelayanan publik 224.489 orang, masyarakat umum dan pelaku ekonomi 196.910 orang, dan lansia 112.935 orang. Untuk 10 orang penerima vaksin tahap pertama terdiri dari 10 tokoh publik antara lain Ketua DPRD, Kapolres, Kajari, Kepala Pengadilan Negeri, Perwakilan dari Pemerintah Daerah, Perwakilan dari Rumah Sakit, MUI, Pendeta, Ketua IDI, dan unsur media.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya menyampaikan, pencanangan vaksinasi corona merupakan tindak lanjut dari program pemerintah pusat. Hal itu dilakukan dalam upaya untuk mencegah penularan virus corona. Menurutnya, vaksinasi dimulai pada 10 orang tokoh publik dengan maksud untuk memberikan contoh pada masyarakat bahwa vaksin benar-benar aman.

“Saya sendiri tidak memenuhi kriteria untuk mendapat vaksin karena usia lebih dari 60 tahun dan ada kormobid. Masyarakat tidak perlu ragu dan takut karena sudah dinyatakana aman oleh WHO,” ujarnya.

Sedangkan Ketua DPRD, Wawan Pribadi yang menerima vaksin pertama mengaku tidak takut untuk mendapat vaksin corona, Menurutnya, vaksinasi corona ternyata tidak seperti yang ditakutkan sehingga masyarakat tidak perlu takut demi. “Tadi disuntik di lengan kiri dan tidak ada reaksi apa-apa,” ujarnya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed