UU Pemilu dan UU Pilkada Tidak Jadi Direvisi, Pemilu dan Pilkada Serentak Digelar 2024

Ketua KPU Provinsi Jateng, Yulianto Sudrajat saat sarasehan bersama KPU Sukoharjo, Jumat (9/4/2021).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pemilu dan Pilkada serentak akan digelar di tahun yang sama, yakni tahun 2024. Hal itu setelah DPR menarik revisi terhadap UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan UU No 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Terkait hal itu, KPU sudah membuat skema terkait pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 tersebut.



“Dalam UU No 7 tersebut, tentang tahapan adalah 20 bulan sebelum pemungutan suara. KPU mengajukan skema tahapan pemilu dimulai 30 bulan sebelum pelaksanaan. INi baru skema yang diajukan KPU ke pemerintah,” ujar Ketua KPU Provinsi Jateng, Yulianto Sudrajat, disela-sela sarasehan yang digelar KPU Sukoharjo, Jumat (9/4/2021).

Jika skema tersebut disetujui, 30 bulan sebelum pelaksanaan pemilu 2024 di bulan Maret, maka jatuhnya adalah bulan November 2021 ini. Untuk itu, jika skema tersebut disetujui DPR, KPU akan fokus pada persiapan tahapan tersebut. Seperti daftar pemilih berkelanjutan yang selalu diupdate dengan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Jadi, ujar Drajat-sapaan akrab Yulianto Sudrajat-daftar pemilih akan update secara kontinyu. Seperti warga yang sudah meninggal akan dicoret, pindah status dicoret, yang sudah 17 tahun dimasukkan dan endingnya ketika penetapan daftar pemilih tetap, data lebih akurat.

“Juga akan dilakukan pemutakhiran sipol, sistem aplikasi parpol dimana setiap parpol harus mengisi daftar anggota, kepengurusan, dan lainnya yang akan diupdate,” tambahnya.

Sedangkan Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda mengatakan, secara pasti dimulainya tahapan pemilu 2024 menunggu PKPU. Jika dimulai akhir tahun ini, KPU pun sudah siap untuk melaksanakannya. Menurutnya, jika tahapan dimulai akhir tahun ini dimulai dengan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan secara berkelanjutan.

“Kalau bicara tahapan tentu KPU siap meskipun masih dalam situasi pandemi corona,” ujarnya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed