Urutan Skincare Malam yang Benar untuk Menjaga Kesehatan Kulit Anda

Urutan skincare pada malam hari.(Foto: pexels)

Sukoharjonews.com – Berbeda dengan skincare pagi yang bertujuan melindungi kulit dari sinar UV dan polusi udara, skincare malam lebih fokus pada pembersihan dan penenangan kulit wajah setelah beraktivitas sepanjang hari.


Dikutip dari Cove Blog, pada Sabtu (19/10/2024), berikut urutan skincare pada malam hari:

Micellar Water: Pembersih wajah yang terdiri dari molekul micelle untuk menarik minyak, kotoran, dan sisa-sisa makeup dari permukaan kulit. Micellar water umumnya tidak mengandung alkohol atau sabun yang keras, membuatnya menjadi pilihan pembersih yang lembut dan cocok untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Cleansing Oil: Seperti namanya, cleansing oil memiliki basis minyak, yang berbeda dengan pembersih wajah biasa yang umumnya berbentuk cairan atau busa. Jenis pembersih wajah ini cocok untuk kulit kering.

Cleansing Balm: Cleansing balm umumnya digunakan ketika kita habis menggunakan makeup tebal dan tahan air. Jenis pembersih wajah yang satu ini mampu membersihkan makeup tebal secara menyeluruh dalam sekali usap.


Cleansing Milk: Dikenal juga sebagai milk cleanser atau cleansing lotion, adalah jenis produk pembersih wajah yang biasanya memiliki tekstur ringan dan kandungan yang lebih lembut. Cleansing milk biasanya cocok untuk berbagai jenis kulit, terutama kulit kering dan sensitif, karena formula lembutnya dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit.

Face Wash: Setelah selesai membersihkan wajah dengan makeup remover, tahap selanjutnya adalah mencuci muka menggunakan face wash. Tahap ini dilakukan untuk memastikan kulit sudah benar-benar bersih dari sisa makeup, debu, dan polusi yang menempel.

Pilihlah face wash yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan memiliki formula yang lembut. Sama seperti makeup remover, face wash memiliki macam-macam tekstur yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Beberapa di antaranya adalah tekstur gel dan foam.

Toner: Sudah mencuci muka dan memastikan kulit wajah sudah kering? Kini, saatnya Anda menggunakan toner! Toner adalah produk perawatan kulit yang digunakan setelah membersihkan wajah dan sebelum mengaplikasikan produk skincare lainnya, seperti serum dan pelembap. Toner biasanya berbentuk cairan ringan yang dapat dioleskan ke wajah dengan kapas atau dituangkan langsung ke telapak tangan dan ditepuk-tepuk ke wajah. Toner bertujuan untuk menyeimbangkan pH kulit, menyegarkan, dan mempersiapkan kulit agar lebih siap menerima manfaat dari produk perawatan kulit selanjutnya.

Serum: Langkah perawatan kulit malam selanjutnya adalah penerapan serum dan produk perawatan tambahan. Serum merupakan produk yang mengandung bahan-bahan aktif untuk mengatasi permasalahan kulit tertentu, seperti hiperpigmentasi, garis halus, atau kekeringan kulit.


Moisturizer: Langkah akhir dalam rutinitas adalah mengaplikasikan pelembap atau krim malam untuk menjaga kelembapan kulit sepanjang malam. Selama tidur, kulit cenderung kehilangan kelembapannya, terutama jika tidur di lingkungan ber-AC.

Menggunakan krim malam atau pelembap dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mengatasi permasalahan kulit saat Anda tidur. Aplikasikan krim malam secara lembut dari wajah hingga leher dengan gerakan memijat.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *