Upaya Perkuat Kapasitas, Univet Bantara Sukoharjo Gelar Pelatihan Pengelola BUMDes

Univet Bantara Sukoharjo saat menggelar pelatihan untuk pengelola BUMDes, Rabu (28/8/2024).

Sukoharjonews.com – Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menggelar pelatihan untuk pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pelatihan dilakukan di Gedung H Univet, Rabu (28/8/2024) Dalam kesempatan yang sama, Univet juga melakukan penandatangan Kerja Sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).


Ketua Penyelenggara, Made Wedaswari, menyampaikan pelatihan tersebut dilaksanakan dalam upaya memperkuat kapasitas dan peningkatan wawasan pengelola BUMDes se-Kabupaten Sukoharjo. “Pelatihan ini memberikan keterampilan praktis bagi pengelola BUMDes untuk mendukung usaha desa yang berkelanjutan dan berdaya saing,” ujarnya.

Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof Farida Nugrahani, mengatakan, ke depan diharapkan ada kerja sama mutualisme antara kedua pihak. Dengan adanya kerja sama antara pengelola BUMDes dengan akademisi diharapkan BUMDes bisa semakin berkembang.

“Univet sudah berumur 57 tahun sehingga bukan usia muda lagi. Untuk itu saya harap keberadaan Univet bisa dimanfaatkan dan masyarakat Sukoharjo bisa ikut memiliki pergurtuan tinggi yang ada di Sukoharjo ini,” ujarnya.

Prof Farida menuturkan, saat ini Univet Bantara memiliki 26 prodi dari 7 fakultas yngg bisa jadi pilihan masyarakat. Bahkan, beberapa prodi sudah memiliki akreditasi unggul.

“Acara ini merupakan bagian ari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.


“Saya harap kegiatan seperti ini tidak hanya sekali dan putus, tapi bisa secara periodik dengan berbagai macam kegiatan. Univet siap bekerjasama dengan segenap lapisan masyarakat termasuk dengan instansi pemerintah,” tambah Prof Farida.

Sedangkan Ketua Pembina Yayasan Pembina Pendidikan Perguruan (YPPP) Veteran, Bambang Martono, menambahkan, selama ini YPPP senantiasa meningkatkan dan mengembangkan Univet dan pendidikan yang lain. Salah satu upayanya adalah memperluas kerja sama termasuk dengam Pemda.

“Saat ini Univet sudah cukup berkembang meski masih harus ditingkatkan. Acara ini sangat bagus dalam upaya meningkatkan kapasitas pengelola BUMDes di Sukoharjo,” kata Bambang.

Sementara itu, Kepala DPMD Sukoharjo, Rokhmadi mengapresiasi kegiatan tersebut. Rokhmadi juga mendorong ke depan semua BUMDes di Sukoharjo memiliki legalitas sehingga dapat memperlancar program.

“Legalitas ini berupa badan hukum. Jika sudah berbadan hukum, BUMDes bisa dengan mudah mengakses perbankan,” ujarnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *