UKM Mapala Gema Arga Nusa Univet Bantara Sukoharjo Gelar Donor Darah

UKM Mapala GAN dalam kegiatan donor darah di Auditorium Univet Bantara Sukoharjo, Kamis (19/9/2024).

Sukoharjonews.com – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala Gema Arga Nusa (Mapala GAN) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) menggelar kegiatan sosial donor darah. Kegiatan tersebut dilaksanakan bersama PMI di Auditorium Univet, Kamis (19/9/2024). Selain mahasiswa, donor darah tersebut juga menyasar masyarakat umum.

Ketua Pelaksana, Indri Arum Mawarsih, mengatakan, kegiatan bakti sosial donor darah merupakan kegiatan rutin. Selain itu, kegiatan juga digelar untuk memperkenalkan UKM Mapala.

“Kegiatan ini juga bentuk kepedulian dalam membantu PMI dan masyarakat yang membutuhkan transfusi darah,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, sebelum diambil darah para pendonor melakukan “screening” awal kesehatan. Hal itu untuk mengetahui golongan darah, riwayat penyakit, dan obat-obatan yang pernah dikonsumsi untuk mempertimbangkan apakah layak untuk menjadi pendonor atau tidak.

“Donor darah ini diikuti sekitar 50 orang yang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum yang memiliki tekanan darah maupun kadar hemoglobinnya sesuai dengan SOP,” terang Indri.

“Kegiatan donor darah ini manfaatnya bukan hanya untuk kita tapi juga untuk orang lain yang membutuhkan, donor darah juga bisa mencegah penyakit,” sambungnya.

Lebih lanjut Indri berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak yang positif serta bermanfaat bagi orang-orang yang memerlukan bantuan darah. (Mg-01/nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar