Triumph Speed ​​Twin 1200 Baru Diluncurkan, Cek Spesifikasi dan Harganya

New Triumph Speed ​​Twin 1200. (Foto: Greatbiker)

Sukoharjonews.com – Pabrikan sepeda motor asal Inggris, Triumph, telah meluncurkan tambahan baru pada jajaran produk klasik modernnya, yakni Triumph Speed ​​​​​​Twin 1200 baru. Motor baru ini tersedia dalam versi “RS” standar dan lebih sporty.

Dikutip dari Greatbiker, Minggu (22/9/2024), Triumph Speed ​​​​​​​​​Twin 1200 baru yang baru saja diluncurkan mungkin sekilas terlihat tidak jauh berbeda dengan model sebelumnya. Namun jika dicermati, Anda akan melihat banyak perubahan. Ini termasuk tangki bahan bakar yang dibentuk ulang dengan garis miring dan potongan depan yang dalam, serta tutup pengisi bahan bakar baru.

Panel samping memiliki desain yang lebih sederhana dari sebelumnya. Dan ada lampu depan LED baru dengan lampu DRL baru. Jok one-piece baru yang didesain berbeda antara model standar dan RS melengkapi perubahan estetika.

Motor itu hadir dengan powertrain baru. Masih akan menggunakan mesin 2 silinder 1.200 cc yang merupakan mesin dengan offset sudut pengapian 270 derajat, sama seperti model sebelumnya. Namun mobil telah ditingkatkan dengan timing pengapian baru, camshaft dengan desain baru, membuat mesin lebih efisien. Tenaganya mampu menghasilkan 104 tenaga kuda (bhp) pada 7.750 rpm, meningkat 5 tenaga kuda dari aslinya, serta torsi maksimum 83 lb ft pada 4.250 rpm.

New Triumph Speed ​​Twin 1200. (Foto: Greatbiker)

New Triumph Speed ​​Twin 1200. (Foto: Greatbiker)

Dari segi sistem suspensi, terdapat perbedaan antara model standar dan RS. Model standar hadir dengan sistem suspensi depan terbalik Marzocchi 43 mm dan di bagian belakang, sepasang peredam kejut Marzocchi yang ditingkatkan ditambahkan, yang mencakup sistem sub-tangki dengan katup tekanan yang memungkinkan ekstensi dan kompresi lebih mulus untuk peredam kejut. Sementara itu, model RS hadir dengan peredam kejut belakang Öhlins yang dapat disesuaikan.

Perbedaan lain antara kedua model ini adalah posisi setang dan pijakan kaki. Model standar memiliki posisi stang baru, didorong lebih jauh ke depan dari sebelumnya, sehingga lebih mudah dipegang tanpa terlalu banyak menekuk lengan. Sedangkan model RS memiliki nuansa yang lebih sporty, dengan posisi stang yang lebih rendah dan pijakan kaki pengendara yang ditempatkan agak jauh ke belakang, memberikan postur berkendara yang sporty dan siap berperang.

Sementara sistem pengeremannya, model standar dan RS akan memiliki rem cakram depan ganda 320 mm, dengan model RS berganti kaliper rem Brembo Stylema baru yang akan menggantikan pompa rem Brembo M50 dari model sebelumnya. Sedangkan untuk ban akan ada ubahan baru, memilih menggunakan ban Racetec model RR K3 yang merupakan ban yang diproduksi dari pabrik yang sama dengan merk Pirelli.

Dari segi teknologi, kedua model menggunakan perangkat elektronik yang sama, dengan IMU enam sumbu sebagai inti yang membantu ABS, ABS menikung, dan kontrol traksi yang dapat disesuaikan. Mode berkendara Jalan Raya dan Hujan hadir sebagai standar, sedangkan RS menambahkan mode Sport. Cluster instrumen dilengkapi elemen LCD dan TFT, dengan navigasi belokan demi belokan tersedia melalui elemen TFT. Ada juga soket USB-C di layar.

Dari segi harga, kedua model Triumph Speed ​​​​​​​​Twin 1200 akan mulai dijual di Inggris mulai 24 September dan seterusnya, dengan harga 12.495 Poundsterling atau sekitar Rp252,3 jutaan untuk model standar dan 14.495 Poundsterling atau sekitar Rp292,7 jutaan, untuk model Rumah Sakit. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar