“Top Gun: Maverick”, Film Box Office Pertama Tom Cruise Bernilai Miliar Dolar AS

Bintang “Top Gun: Maverick”, Tom Cruise. (Foto: Tangkapan layar Youtube)

Sukoharjonews.com – Film “Top Gun: Maverick” telah bergabung dengan klub bernilai miliaran dolar di box office global. Ini adalah film Tom Cruise pertama yang mencapai tonggak sejarah, dan film Hollywood ke-50 secara keseluruhan.

Dikutip dari Hollywood Reporter, Senin (27/6/2022), film yang disutradarai Joseph Kosinski melewati penghalang setelah menyelesaikan hari Minggu dengan perkiraan total domestik 521,7 juta dolar AS dan 484,7 juta dolar AS di luar negeri untuk pendapatan global 1 miliar dolar AS.

“Top Gun: Maverick” menikmati peningkatan di akhir pekan kelima berkat dirilis ulang di Imax tertentu dan layar format besar premium. Rilisan Paramount dan Skydance meraup 30,5 juta dolar AS di dalam negeri dan 44,5 juta dolar AS di luar negeri untuk total akhir pekan.

Sekuel ini merupapakan judul film Hollywood kedua di era pandemi yang melampaui 1 miliar dolar AS di belakang Sony dan “Spider-Man: No Way Home” (1,89 miliar dolar AS).

Menurut Paramount, lebih dari 16% penonton Top Gun 2 telah menonton film tersebut lebih dari sekali di bioskop, sementara 4% telah menontonnya empat kali atau lebih.

Film terbesar Cruise sebelumnya di seluruh dunia adalah “Mission Impossible: Fallout”, yang meraup 791 juta dolar AS pada 2018.

“Top Gun: Maverick” juga merupakan film aksi langsung terbesar Paramount di 15 pasar, termasuk Inggris Raya, Australia, Prancis, dan Brasil, serta rilis asli studio terlaris di box office domestik di belakang Titanic.

Sedangkan untuk film Top Gun pertama, dirilis pada 1986, menghasilkan 357,8 juta dolar AS di box office seluruh dunia. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar