TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2022 Sukoharjo Dimulai, Dilaksanakan di Desa Jangglengan

TMMD Sengkuyung Tahap II 2022 resmi dimulai di Desa Jangglengan, Kecamatan Nguter, Sukoharjo, Selasa (26/7/2022).

Sukoharjonews.com (Nguter) – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2022 Sukoharjo kembali bergulir. Pembukaan TMMD sendiri dilakukan di Lapangan Desa Jangglengan, Selasa (26/5/2022). Pembukaan dilakukan oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, dengan dihadiri pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan juga Wakil Bupati Agus Santosa.

Dandim 0726 Sukoharjo, Letkol Inf Agus Adhy Darmawan menyampaikan, TMMD Sengkuyung Tahap II 2022 dilaksanakan di Desa Jangglengan, Kecamatan Nguter. Menurutnya, ada sejumlah program fisik yang akan dikerjakan selain program non fisik. Sasaran program fisik masing-masing talud jalan Dukuh Kepyar-Dukuh Ngandong sepanjang 393 meter.

Kemudian, talud jalan Dukuh Ngandong sepanjang 234 meter, rabat beton jalan Dukuh Ngandong sepanjang 645 meter, dan pengeboran sumur dalam Dukuh Ngandong satu unit.

“Selain sasaran fisik, selama kegiatan TMMD juga ada sasaran non fisik,” ujar Dandim.

Untuk sasaran non fisik antara lain berupa penyuluhan-penyuluhan seperti Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Penyuluhan hukum dan Kamtibmas, serta penyuluhan kesehatan dan stunting, penyuluhan KB kes, penyuluhan pertanian, serta vaksinasi corona.

Untuk anggaran TMMD Sengkuyung II tahun 2022 sendiri berasal dari APBD Provinsi Jateng Rp251 juta dan APBD Sukoharjo Rp400 juta dan swadaya masyarakat Rp10 juta sehingga totalnya Rp661 juta.

Dandim menambahkan, tujuan TMMD sendiri adalah membantu Pemkab Sukoharjo dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersifat sasaran fisik maupun sasaran non fisik guna memantapkan Kemanunggalan TNI Rakyat (KTR) dalam rangka menyiapkan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh.

Sedangkan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menyampaikan bahwa program TMMD menggunakan sistem “bottom up planning”, yakni proses perumusan pembangunan yang dilakukan secara berjenjang dari level desa hingga kabupaten yang memenuhi aspek kesejahteraan rakyat.

“TMMD selama ini telah membantu pemerintah daerah dalam akselerasi pembangunan yang akan meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui kegiatan fisik dan non fisik,” ujar Etik.

Selain itu, TMMD juga memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh terutama untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas SDM. (nano/sapta)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar