TMMD Sengkuyung II Desa Wirun, Bangun Talud Sepanjang 1.151 Meter

Dandimn 0726/Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa menyerahkan bantuan secara simbolis untuk program TMMD di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, Selasa (10/7).

Sukoharjo (Polokarto) – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II kembali bergulir. Kali ini, TMMD dilaksanakan di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo. TMMD sendiri bertujuan untuk membantu pembangunan di tingkat desa. Salah satu program fisik yang jadi prioritas dalam TMMD kali ini adalah membangun talud sepanjang 1.151 meter.


Perwira Pelaksana TMMD Lettu Inf Mardianto dalam laporannya menyampaikan, manfaat program TMMD adalah memperlancar arus lalu lintas perekonomian, meningkatkan kesejahteraan rakyat, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta kamtibmas. Juga, meningkatkan kebersihan lingkungan, serra meningkatkan dan melestarikan budaya gotong royong dan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Ada dua program utama dalam TMMD, yakni program fisik dan program nonfisik,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan Mardianto, untuk sasaran fisik berupa pembangunan talud dilaksanakan di di Dukuh Pabrik. Selain itu, juga pemugaran masjid dua unit, pemugaran pos kamling dua unit, pembuatan MCK tiga unit, serta pembuatan jamban keluarga tiga unit. Untuk sasaran nonfisik, berupa penyuluhan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN), penyuluhan hukum Kamtibmas, penyuluhan industri kecil, serta pelayanan KB dan kesehatan.

Mardianto juga mengatakan, sumber dana TMMD sendiri berasal dari APBD provinsi dan APBD Sukoharjo dengan total Rp417,2 juta. Untuk APBD provinsi sebesar Rp167,2 juta, dan APBD Sukoharjo Rp250 juta. “Selain itu juga swadaya masyarakat berupa tenaga kerja senilau Rp30 juta,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sukoharjo Purwadi selaku Inspektur Upacara Pembukaan TMMD mengatakan, program TMMD sendiri sangat positif untuk mengurangi angka kemiskinan di Jawa Tengah yang masih diatas 12%. Itulah salah satu PR yang harus dikeroyok dan diselesaikan bersama-sama. TMMD sebagai program lintas sektoral yang melibatkan TNI dan juga Pemerintah daerah serta segenap lapisan masyarakat merupakan salah satu langkah nyata guna mengatasi berbagai masalah yang dihadapi.

“Selain itu TMMD juga sebagai bagian dalam rangka mengantisipasi paham radikal yang ada di tengah,” ujarnya. (erlano putra)


Erlano Putra:
Tinggalkan Komentar