TJSLP Awards Sukoharjo 2024, 14 Perusahaan Terima Penghargaan

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menyerahkan penghargaan kepada perusahaan pemenang TJSLP Awards 2024, Kamis (12/9/2024).

Sukoharjonews.com – Badan Perencanaan Pembangunan, Riset, dan Inovasi (Bapperida) Kabupaten Sukoharjo kembali menggelar Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) Awards 2024. Terdapat sejumlah kategori dalam penghargaan ini dimana sebanyak 14 perusahaan menerima penghargaan.

Pemberian penghargaan dilaksanakan di Auditorium Gedung Menara Wijaya Lantai 10, Kamis (12/9/2024). Acara ini dihadiri langsung Bupati Etik Suryani dan pejabat dilingkungan Pemkab Sukoharjo.

Kepala Bapperida Sukoharjo, Rudiyanto, menyampaikan, TJSLP Awards mengacu pada Perda Sukoharjo No 15 Tahun 2016 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan dan juga Perbup No 90 Tahun 2017 tentang Juklak Perda No 15 tahun 2016 tentang TJSLP.

“Acara ini bertujuan untuk membangun komitmen sekaligus dukungan dari kalangan dunia usaha berkenaan dengan program-program pembangunan yang ada di Kabupaten Sukoharjo,” ujarnya.

Rudiyanto juga mengataka, selain itu acara ini juga untuk memberikan penghargaan pada perusahaan-perusahaan di Sukoharjo yang dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan yang memiliki komitmen besar untuk mendukung program pembangunan di Kabupaten Sukoharjo.

Untuk penilaian TJSLP Awards sendiri terdapat empat aspek, yakni kesesuaian program TJSLP dengan program pembangunan Pemerintah Daerah, keberlanjutan dan kesinambungan program TJSLP, dampak yang ditimbulkan dari program TJSLP serta proporsi besaran nilai program TJSLP.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mengatakan, salah satu tantangan besar yang dihadapi daerah saat ini adalah semakin terbatasnya kemampuan keuangan daerah dan diskresi dalam pelaksanaannya. Disisi lain, ada potensi besar di daerah yang bisa digali lebih optimal, yakni dari Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP).

“Berbagai langkah pembenahan yang kita lakukan dalam rangka optimalisasi pelaksanaannya, telah menunjukkan kecenderungan positif yang menggembirakan, hal tersebut bisa dilihat dari tiga hal, yakni kepesertaannya, kontribusi pendanaannya, dan program TJSLP yang dijalankan,” ujarnya.

Menurutnya, dari sisi kepesertaannya, ditandai dengan meningkatnya kepesertaan perusahaan dalam pelaporan TJSLP, dimana tahun 2022 sebanyak 23 perusahaan meningkat menjadi 45 (empat puluh lima) perusahaan di tahun 2023. Dari sisi kontribusinya, tahun 2022 sebesar Rp13,2 miliar dan tahun 2023 sebesar Rp13,4 miliar.

“Sedangkan dari sisi program yang dijalankan, ditandai dengan semakin meningkatnya kolaborasi aktif program TJSLP perusahaan dengan program Pemerintah Daerah,” ujar Bupati.

Berikut ini daftar perusahaan yang memperoleh TJSLP Award Sukoharjo 2024:

A. Bidang Pendidikan dan Kebudayaan
1. YPPP Veteran
2. PT Dan Liris
3. PT BPR Bank Sukoharjo

B. Bidang Kesehatan
1. PT Konimex
2. Bank Jateng
3. RS Dr Oen Solo Baru

C. Bidang Kepemudaan dan Olahraga, Pariwisata
1. Bank Jateng
2. PT BPR Bank Sukoharjo
3. Mitra Swalayan

D. Bidang Sosial dan Keagamaan
1. PT Sritex
2. Bank BRI Sukoharjo
3. RS Indriati

E. Bidang Koperasi, UKM, dan Perdagangan
1. PT Arah Environmental
2. PT BPR Bank Sukoharjo

F. Bidang Lingkungan Hidup
1. Fave Hotel Solo Baru
2. PT BPR Bank Sukoharjo
3. PT Delta Merlin Dunia Tekstile

G. Bidang Pertanian dan Perikanan
1. Bank Jateng

H. Bidang Infrastruktur
1. Bank Jateng
2. PT PLN UPT Sukoharjo
3. PT Dan Liris. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar