Tips  

Tips Menghilangkan Jerawat Dalam Semalam Dengan Cara Sederhana

Jerawat merah yang mengganggu. (Bellybelly.com.au)

Sukoharjonews.com – Jerawat bengkak dan memerah yang muncul di wajah secara tiba-tiba seringkali membuyarkan rencana. Mau ngapel pacar jadi malu, mau ada acara kantor juga membuat kita tidak percaya diri dan masih banyak lagi acara yang berantakan gara-gara jerawat. Sepele memang, tapi jerawat tidak bisa dianggap sepele lho. Pasalnya, jerawat yang dibiarkan tentu akan membuat kita kurang percaya diri.



Biasanya, jerawat meradang diobati dengan antibiotik seperti “tetracycline, doxycycline, minocycline”, dan “erythromycin” bisa mengurangi jerawat merah dan meradang. Tetapi, efek obat baru akan terlihat dalam beberapa hari setelah dipakai. Padahal, sering kita menginginkan agar jerawat bisa hilang dalam semalam.

Perlu diketahui, kemerahan pada jerawat bukanlah luka, melainkan sebagai bentuk peradangan. Seperti dilansir www.hellosehat.com, jerawat merah meradang diawali ketika sebum berlebih melewati dinding folikel kulit. Di dalam pori-pori, sebum bercampur dengan sel kulit mati, di mana ini menyebabkan penyumbatan pori-pori. Hal ini memungkinkan bakteri jerawat berkembang, sedangkan sisa-sisa radikal bebas akan merusak jaringan yang menyebabkan peradangan dan warna kemerahan pada kulit

Jika infeksi tidak berkembang, kemerahan akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika warna merah ini tidak berubah setelah setahun, kemungkinan itu adalah luka bekas jerawat. Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat meradang dalam semalam? Ada dua hal penting yang perlu Anda ketahui jika ingin menghilangkan kemerahan pada jerawat dalam semalam. Pertama, kemerahan disebabkan oleh efek peradangan sehingga perawatan haruslah menangani masalah peradangan ini.

Selanjutnya, Anda harus memastikan jerawat sembuh dengan cepat. Ini akan mengurangi kemerahan pada jerawat dengan cepat. Ada beberapa perawatan yang efektif dan sederhana sehingga bisa Anda praktikkan di rumah untuk mengurangi kemerahan pada jerawat.

Cara sederhana menggunakan es batu. (Grid.id)

1. Gunakan es batu
Metode tercepat adalah dengan menempelkan kompres es pada jerawat yang sedang meradang. Balut dulu es batu dengan kain bersih sebelum ditempelkan ke wajah, ya! Setelahnya, diamkan selama beberapa menit. Ulangi hingga kemerahan berkurang. Pastikan Anda jangan menekan terlalu kencang, karena dapat melukai jerawat dan menyebabkan bakteri menyerang bagian tersebut.

2. Menggunakan aspirin
Aspirin tak hanya untuk mengobati sakit kepala saja, namun juga bisa mengurangi kemerahan pada jerawat. Aspirin mengandung asam salisilat yang bisa mengurangi peradangan dengan mengelupas. Untuk mengatasi kemerahan pada jerawat dalam waktu singkat, belah aspirin menjadi separuh. Gerus halus dengan air, kemudian oleskan pada bagian jerawat. Gunakan plester untuk melindunginya dan diamkan selama 30 menit.



3. Menggunakan obat tetes mata
Obat tetes mata mengandung tetrahydrozoline hydrochloride yang dapat membantu menghilangkan kemerahan pada jerawat dengan cepat. Letakkan kapas yang sudah dibasahi dengan tetes mata di dalam freezer. Biarkan selama semalam. Keesokan paginya, letakkan kapas tersebut di atas jerawat selama beberapa menit. Ketika cairan tetes mata terserap ke dalam kulit, akan ada penyempitan sementara pembuluh darah. Hal ini akan membuat kemerahan pada jerawat berkurang. Jika kemerahan tidak berulang, ulangi cara yang sama.

4. Menggunakan pasta gigi
Pasta gigi adalah salah satu obat yang sering disebut dalam mengatasi kemerahan pada jerawat. Hal ini bekerja karena pasta gigi mengandung silica, yang mana membantu mengeringkan jerawat. Namun, sebaiknya Anda tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung mentol atau flouride. Bahan ini tidak hanya mengakibatkan iritasi pada kulit tetapi juga akan menyebabkan munculnya lebih banyak jerawat.

Walaupun kemerahan pada jerawat bisa mengganggu penampilan Anda, tetapi hal ini tidak seburuk luka yang ditinggalkan setelah jerawat. Menghilangkan kemerahan tidak meminimalisir risiko terbentuknya luka bekas jerawat. Anda perlu mengobati jerawat Anda sedini mungkin untuk mencegah terjadinya luka. (*)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 1.5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments