Tips yang Perlu Diingat Sebelum Membeli Rempah-rempah untuk Pertama Kalinya

Tips memilih rempah.(Foto: fibercreme)

Sukoharjonews.com – Rempah-rempah dapat mengubah bahan-bahan sederhana menjadi hidangan beraroma harum dan lezat yang menggoda selera kita. Baik Anda seorang koki berpengalaman atau pemula di dapur, membeli rempah-rempah adalah langkah penting dalam perjalanan kuliner Anda. Namun, dengan banyaknya variasi yang tersedia di pasaran saat ini, hal itu bisa jadi menakutkan. Jika Anda mengalami situasi yang sama, berarti Anda telah membuka halaman yang tepat. 


Dikutip dari NDTV Food, pada Selasa (23/7/2024), berikut tips membeli rempah-remapah:

1. Kenali rempah-rempah Anda
Sebelum Anda melangkah ke pasar rempah-rempah, kenali dulu dasar-dasarnya. Beberapa rempah-rempah India yang umum adalah kunyit (haldi), jintan (jeera), ketumbar (dhania), dan kapulaga (elaichi). Pahami rasa, kegunaan, dan bagaimana rempah-rempah tersebut berkontribusi pada berbagai hidangan. Misalnya, kunyit (haldi) menambahkan rasa tanah dan warna hangat pada kari, sementara jintan (jeera) menambahkan rasa pedas dan pedas.

2. Beli rempah berkualitas
Di pasaran, banyak merek menawarkan rempah yang sama dengan harga yang berbeda. Meskipun pilihan yang lebih murah mungkin menggoda, pilihlah rempah organik atau berkualitas tinggi untuk memastikan kemurnian dan kesegarannya. Wadah atau bungkusan transparan memungkinkan Anda memeriksa kualitas dan tekstur rempah sebelum membeli. Saat membeli dari pasar lokal, pilihlah penjual dengan arus pelanggan yang stabil dan stok yang segar.


3. Menganalisis warna rempah
Pastikan rempah-rempah yang Anda beli berwarna cerah, dengan konsistensi yang baik. Bubuk cabai kering harus berwarna cerah, sedangkan merica hitam harus berwarna hitam pekat. Rempah-rempah kering harus berwarna hijau, tidak kecokelatan. Gunakan pertimbangan Anda untuk menghindari rempah-rempah yang terlihat tua atau kusam.

4. Beli dalam jumlah kecil
Rempah-rempah akan kehilangan aroma dan rasa seiring berjalannya waktu, jadi belilah dalam jumlah kecil. Hindari menimbun terlalu banyak, bahkan di pasar grosir. Mengisi ulang dapur rempah-rempah Anda secara teratur dengan jumlah kecil dan segar akan memastikan Anda menggunakannya dalam kondisi rasa terbaik. Praktik ini akan meningkatkan kualitas masakan Anda secara signifikan.

5. Beli rempah-rempah utuh
Saat berbelanja, pilih rempah-rempah utuh daripada yang berbentuk bubuk. Rempah-rempah utuh mempertahankan rasa dan aromanya lebih lama daripada yang digiling. Beli rempah-rempah seperti biji jintan, biji ketumbar, dan merica hitam dalam bentuk utuh. Untuk kesegaran yang lebih lama, belilah penggiling rempah-rempah atau lumpang dan alu berkualitas baik, menggilingnya sesuai kebutuhan akan memastikan hidangan Anda penuh dengan rasa segar dan warna yang cerah.


6. Pemyimpanan rempah
Setelah Anda memiliki rempah-rempah, simpanlah dengan hati-hati agar lebih awet. Wadah kedap udara di tempat yang sejuk dan gelap, seperti lemari, melindungi rempah-rempah dari panas, cahaya, kelembapan , dan udara, yang dapat menurunkan kualitasnya seiring waktu. Stoples kaca dengan tutup yang rapat sangat ideal untuk menjaga kesegarannya.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *