Tips Usir Bau Ketiak Tanpa Deodorant

Atasi bau badan alami. (Foto : Pexels)

Sukoharjonews.com -Bau ketiak sering kali membuat orang menjadi minder atau tidak percaya diri karena ia khawatir ketiaknya yang tidak sedap tercium orang lain.

Dilansir dari The Healthy, Jum’at (01/9/2023) , penyebab ketiak bau disebabkan oleh bertemunya keringat dengan bakteri yang ada di kulit ketiak. Sebenarnya keringat hanya berfungsi sebagai pendingin badan. Jadi, ketika suhu kita panas, maka keringat secara otomatis akan keluar untuk mendinginkan badan. Ada lima bahan yang terbukti efektif kurangi bau ketiak tanpa deodorant simak berikut ini.

1. Air Lemon
Air lemon dipercaya ampuh membunuh bakteri karena mengandung asam nitrat. Untuk menghilangkan bau ketiak, kamu cukup ambil perasan air lemon dan mengoleskannya di ketiak.

Supaya lebih mudah, kamu bisa mengisi botol spray dengan air lemon dan menyemprotkannya ke ketiak secara rutin di rumah.

2. Cuka Apel
Penggunaan cuka apel hampir sama seperti air lemon, bedanya kamu cukup melarutkan beberapa tetes cuka apel dengan air lalu oleskan menggunakan kapas atau langsung menyemprotkannya ke ketiak.

Cuka apel dan air lemon sama-sama memiliki kandungan asam, jadi kedua bahan tersebut bisa kamu gunakan untuk usir bau ketiak.

3. Teh Hijau
Teh hijau dipercaya dapat mengecilkan pori-pori dan mengurangi keringat berlebih penyebab bau ketiak yang tidak sedap.

Untuk mengurangi bau ketiak, kamu bisa gunakan kantong teh hijau lalu seduh dengan air hangat dan angkat kantong kemudian diamkan beberapa saat hingga dingin. Setelah itu, kamu bisa langsung tempelkan kantong teh tersebut di ketiak.

4. Soda Kue
Soda kue merupakan salah satu bahan yang memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat mengurangi bau ketiak.

Kamu dapat menggunakan bahan satu ini untuk usir bau ketiak dengan cara mencampurkannya dengan sedikit air lalu aduk hingga rata membentuk pasta yang sedikit kental. Setelah itu, kamu bisa langsung mengoleskannya di ketiak. Tunggu hingga kering, lalu bersihkan dengan tisu atau air.

5. Kunyit
Kunyit tidak hanya digunakan untuk jamu atau bumbu masakan, lho. Karena bahan ini juga bisa membantumu mengatasi bau ketiak.

Penggunaannya cukup mudah, kamu bisa gunakan kunyit bubuk atau kunyit asli dan mencampurkannya dengan sedikit air lalu oleskan pada ketiak. Jika sudah kering, bersihkan dengan air bersih.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar