Tips Sederhana Untuk Melawan Jerawat di Wajah Anda

Menghilangkan jerawat di wajah. (Foto: medical news today)

Sukoharjonews.com – Jerawat atau breakout adalah masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang, terutama remaja dan wanita dewasa. Biasanya, breakout dapat terjadi pada area wajah dan membuat kulit terlihat kusam dan tidak sehat sehingga menurunkan rasa percaya diri.


Datangnya jerawat memang tak kenal usia dan jenis kelamin. Jerawat bisa dialami oleh siapa pun. Melansir dari Web News Observer, pada Jumat (12/5/2023), simak cara melawan jerawat di wajah berikut ini:

1. Menggunakan Kain Wajah yang Tepat
Penting untuk membiasakan diri menggunakan kain katun lembut setiap habis mencuci muka. Kain yang lembut akan berfungsi sebagai lapisan halus untuk diaplikasikan pada wajah Anda tanpa mengganggu jerawat yang mulai tumbuh di wajah Anda. Cobalah untuk mengeringkan dengan kain daripada menggosoknya karena itu membuat jerawat Anda menyebar lebih banyak ke wajah Anda. Meskipun tampaknya dapat diabaikan, bahkan jenis kain wajah yang kita gunakan dapat membuat perbedaan besar pada jerawat kita.


2. Hindari Menyentuh Wajah
Kita sering cenderung menyentuh wajah kita bahkan tanpa menyadarinya, tetapi itu sangat berbahaya bagi jerawat. Tangan kita tidak selalu bersih dan dengan mengoleskannya ke wajah kita sendiri merusak kulit kita, membuatnya lebih rentan berjerawat. Jadi disarankan untuk lebih berhati-hati dalam menyentuh wajah kita dengan tangan kotor dan mencucinya sebelum melakukannya. Ini adalah tip yang sangat kecil tetapi tidak kalah pentingnya.

3. Jangan Memencet Jerawat
Ketika datang untuk memunculkan jerawat Anda, itu mutlak tidak, tidak dari pihak kami. Tidak peduli seberapa menyakitkannya, jangan pernah mencoba memencet jerawat Anda karena itu dapat menyebabkan jaringan parut permanen pada wajah Anda dan menimbulkan lebih banyak jerawat. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan gel penenang yang diresepkan oleh dokter kulit Anda dan mengoleskannya di atasnya untuk merasakan efek menenangkan pada jerawat.


4. Menggunakan Pelembab dan Tabir Surya yang Tepat
Dengan berkonsultasi dengan dokter kulit yang baik, penting untuk membiasakan diri menggunakan pelembab dan tabir surya setiap kali Anda keluar rumah dan menghadapi sinar UV yang berbahaya. Dengan mengoleskan pelembab secara teratur, ini sangat membantu dalam memberikan kelembapan pada kulit Anda dan tabir surya bertindak sebagai penghalang kotoran dan polusi berbahaya memasuki kulit Anda sehingga mengurangi jerawat.


5. Menjaga Kesegaran Wajah
Meskipun dengan jadwal sibuk kita, kita sering tidak punya waktu untuk memiliki rutinitas perawatan kulit yang tetap, orang yang menderita jerawat pasti harus mencuci muka setiap hari, sekali atau dua kali sehari untuk mencegah jerawat. Mencuci wajah dengan pembersih ringan membantu menjauhkan bakteri dan penyakit dari wajah dan dengan perawatan yang lama bahkan dapat menghilangkannya dalam waktu singkat. Aplikasi pembersih wajah secara terus menerus akan memastikan untuk mengurangi kelebihan minyak pada wajah serta kotoran dan keringat. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *