Tips Saat Berbuka Puasa Yang Wajib Anda Ketahui

Tips berbuka puasa. (Foto: shutterstock)

Sukoharjonews.com – Saat berbuka puasa, biasanya kita selalu langsung minum dan makan makanan yang disajikan, tanpa tahu apakah cara tersebut sudah baik atau tidak.


Dokter Muda RSUD Margono Purwokerto itu menerangkan, kebanyakan orang berbuka puasa mengabaikan porsi dan nutrisi yang dikonsumsi tanpa peduli kesehatan sehingga tak jarang mengalami sakit perut. Untuk menghindari hal itu, ia menjelaskan pola makan terbaik selepas waktu berbuka puasa Ramadhan. Dikutip dari NU Online, pada Kamis (30/3/2023), simak penjelasan tips ketika berbuka puasa dari dr. Rosalia Kusuma Dewi berikut:

1. Berdoa
Penting memulai berbuka puasa dengan doa. Selain bentuk rasa syukur, memanjatkan doa di waktu Maghrib termasuk waktu mustajabah.


2. Mengonsumsi makanan dan minuman manis
Konsumsi makanan dan minuman manis. Dokter yang akrab disapa Sela itu menerangkan pentingnya berbuka dengan yang manis. Menurutnya, setelah berdoa secara kesehatan berbuka baiknya diawali dengan minum dan makan yang manis.

Rasulullah SAW memberi teladan dengan makan tiga biji kurma karena kandungan karbohidrat dalam tiga biji kurma sudah cukup memenuhi kebutuhan energi sementara. Selain kurma bisa konsumsi kolak, minuman sirup (tanpa es) atau lainnya.


3. Konsumsi buah
Buah baik dikonsumsi sebelum makan besar (red; nasi dan lauk) karena kandungan serat yang tinggi dalam buah-buahan dapat mengenyangkan lambung sehingga bisa mencegah makanan yang berlebihan.
“Bagi yang memiliki penyakit lambung, buah-buahan yang sifatnya asam baiknya dijauhi karena bisa berkontribusi meningkatkan asam lambung,” kata dokter lulusan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto itu.

4. Konsumsi air putih
Pentingnya konsumsi air putih dalam fase iftar (berbuka puasa saat Maghrib) dan sebaiknya minum air putih satu hingga dua gelas terlebih dahulu, usahakan air putih dalam kondisi tidak panas maupun dingin.
“Terakhir, setelah menunaikan shalat Maghrib dilanjut dengan makan besar (nasi dan lauk) kemudian minum air putih satu gelas lagi,” pungkasnya. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *