Tips Puasa Bagi Penderita Diabetes

Tips puasa bagi penderita diabetes.(Foto: Halodoc)

Sukoharjonews.com– Selama bulan Ramadhan, umat Islam yang menjalankan puasa selama sebulan tidak makan dan minum dari fajar hingga senja. Penderita diabetes harus berhati-hati saat berpuasa berjam-jam.

Dilansir dari Hindustan times,Senin (25/3/2024), selama berpuasa, penderita diabetes harus memantau kadar gula darahnya secara rutin karena berisiko mengalami hipoglikemia atau hiperglikemia. Sehri yang merupakan makan pertama sehari sebelum matahari terbit perlu direncanakan dengan baik agar kadar gula darah tetap terkendali. Hidrasi yang cukup, mengonsumsi makanan padat nutrisi, dan menghindari makanan tinggi gula dan padat kalori dapat membantu mengelola diabetes saat berpuasa.

Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan Anda sebagai penderita diabetes di bulan Ramadhan ini:

Tidur yang cukup
Salah satu hal yang tidak boleh Anda kompromikan adalah jam tidur.

Hidrasi diri Anda dengan baik sebelum dan sesudah puasa
Minuman yang menghidrasi penting bagi orang yang berpuasa karena dehidrasi adalah risiko umum dan serius yang dihadapi terutama oleh pasien diabetes. Air lemon atau nimboo pani, buttermilk, air kelapa, melon, jus buah segar dengan sedikit gula, molase delima, minuman kacang belalang dan rose sharbats membantu menjaga cairan tubuh yang tepat dan cukup menyegarkan dan menghidrasi.

Sertakan probiotik
Sesendok yogurt setelah makan sehri dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan Anda. Tidak hanya menenangkan perut, tetapi juga mencegah keasaman, dan membuat Anda aman dari dehidrasi sepanjang hari.

Buka puasa Anda dengan minuman bebas gula
Untuk berbuka puasa, buka puasa dengan minuman penghidrasi bebas gula lalu lanjutkan dengan makan secukupnya. Jauhi makanan yang tinggi kandungan lemak, karbohidrat, dan garam seperti samosa, kebab, miskin. Pilih sayuran berdaun, buah-buahan, kering buah-buahan dan daging tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit, ikan. Pilihlah makanan yang dibuat dengan masakan rendah lemak seperti dipanggang, dikukus terus-menerus, dipanggang, dan digoreng dangkal.

Hindari tiga S – makanan asin, pedas, dan manis
Batasi asupan bumbu, garam, dan gula saat makan sehri. Natrium dalam makanan ini membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh Anda. Mengonsumsi makanan yang sangat asin nantinya dapat memicu rasa haus karena air dari sel ditarik.(Patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar