Tips Merawat Gigi Palsu Agar Awet dan Tidak Bau

Tips merawat gigi palsu.(Foto:Audy dental)

Sukoharjonews.com – Apabila Sahabat Damessa menggunakan gigi palsu, maka penting untuk mengetahui cara merawatnya. Jika sampai salah, bisa-bisa akan menimbulkan mulut bau tak sedap dan gigi mudah rusak. Nah, cara merawat gigi palsu yang benar akan kami bahas di bawah ini

Dilansir dari Damessa, Selasa (17/9/2024), baik gigi palsu maupun asli tetap memerlukan perawatan. Namun ada treatment khusus yang harus diterapkan pada gigi palsu, misalnya seperti wajib membilas setelah pemakaian.

1. Hindari makanan atau minuman keras dan panas
Jika Sahabat Damessa memiliki gigi palsu, perlu diketahui bahwa ada beberapa makanan dan minuman yang menjadi pantangan. Misalnya, makanan dan minuman panas serta bertekstur keras. Tak terkecuali permen karet.

2. Pakai pasta gigi khusus
Cara merawat gigi palsu selanjutnya adalah menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi palsu. Hal tersebut dikarenakan pasta gigi biasa memiliki sifat yang abrasif terhadap gigi palsu kamu. Selain itu, pasta gigi biasa juga dapat membuat lubang kecil dan goresan pada gigi palsu.

Perlu diketahui, pasta gigi dengan kandungan pemutih tidak disarankan untuk pengguna gigi palsu. Sebab kandungan kimia yang ada di dalamnya bisa merusak dan menjadikan gigi palsu kamu rapuh.

3. Harus berhati-hati saat memegangnya
Gigi palsu merupakan gigi yang sensitif. Oleh karena itu, cara merawat gigi palsu permanen adalah dengan berhati-hati saat memegangnya. Pasalnya, sedikit terkena benturan atau jatuh, gigi palsu bisa saja patah atau pecah. Untuk mengakalinya, Sahabat Damessa dapat mencuci gigi palsu di dalam wadah air atau melapisi wastafel dengan handuk.

4. Rendam dengan air ketika tidak digunakan atau setiap malam hari
Cara merawat gigi palsu lepasan lainnya adalah merendamnya dengan air. Sahabat Damessa bisa merendamnya dengan air campuran larutan pembersih khusus gigi palsu selama semalaman. Kemudian bersihkan kembali jika ingin menggunakannya lagi.

Dalam merendam gigi palsu, pastikan menggunakan air biasa dan hindari air panas, ya. Sebab jika menggunakan air panas, gigi palsu bisa mengalami perubahan bentuk dan bahkan berlubang.

5. Rutin membersihkan gigi palsu
Berikutnya adalah rutin membersihkan gigi palsu. Saat memiliki gigi palsu, perlu diketahui bahwa Sahabat Damessa harus membersihkannya secara ekstra agar tidak mengalami perubahan bentuk. Di samping itu, kamu juga harus sering membersihkan rongga mulut agar tidak mengalami iritasi dan mencegah bau mulut.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar