Tips Merawat Anjing Kesayangan Anda Dengan Benar

Tips merawat anjing. (Foto: halodoc)

Sukoharjonews.com – Sebagai pemilik anjing, Anda mungkin memuja anjing Anda seolah-olah itu adalah darah daging Anda sendiri. Dan sama seperti anak-anak Anda, Anda ingin memastikan bahwa Anda memberikan perawatan terbaik agar anjing Anda dapat hidup bahagia dan sehat.

Jika Anda berusaha menjadi orang tua hewan peliharaan yang baik, berikut beberapa tip perawatan anjing untuk membantu Anda selama ini.

Dilansir dari Forbes, Senin (16/12/2023, penting untuk memahami dan memenuhi kebutuhan dasar hewan peliharaan Anda. Baik Anda seorang pemula atau ahli dalam memelihara hewan peliharaan, Anda harus menyiapkan tahapan untuk anak anjing baru Anda. Kebutuhan dasar anjing Anda terdiri dari makanan bergizi, air, camilan, mainan, dan alas tidur untuk membuat anak anjing merasa betah.

Saat Anda membawa anjing baru ke rumah, sebaiknya segera bawa ke dokter hewan. Dokter hewan dapat membantu Anda menentukan jenis dan jumlah makanan yang tepat serta hal penting lainnya yang perlu Anda ketahui tentang merawat teman baru Anda.

Pantau konsumsi makanan
Lebih dari sepertiga (34%) anjing didiagnosis menderita obesitas, menurut data terbaru dari Rumah Sakit Hewan Banfield, yang memiliki lebih dari 1,000 rumah sakit hewan di 42 negara bagian. Jumlah tersebut meningkat 108% dari tahun 2011 hingga 2020.

Sayangnya, gigi taring yang kelebihan berat badan rentan terhadap banyak risiko kesehatan seperti kelainan metabolisme, penyakit kardiovaskular, atau sistem kekebalan tubuh yang buruk. Meskipun Anda mungkin ingin memanjakan hewan peliharaan Anda, hindari memanjakannya dengan makanan.

Sediakan air yang cukup sepanjang hari
Semua anjing perlu mendapatkan air bersih dan segar setiap saat sepanjang hari. Pastikan untuk mengisi kembali air dan mencuci semua wadah makanan dan air agar tidak mengandung bakteri.

Rawat anjing Anda secara teratur
Merawat hewan peliharaan Anda secara teratur memastikan mereka bersih dan bebas hama. Meskipun beberapa anjing hanya perlu dimandikan setiap beberapa bulan, yang lain memerlukan perawatan rutin. Jika anjing Anda rontok, Anda harus sering menyikatnya.

Merawat kesejahteraan dan perawatan kesehatan hewan peliharaan Anda secara proaktif memastikan ia menjalani kehidupan terbaik dan tersehat.

Jika Anda memiliki asuransi hewan peliharaan, Anda biasanya dapat mengimbangi biaya perawatan rutin dengan menambahkan paket kesehatan ke dalam rencana Anda. Misalnya, biaya rata-rata kunjungan dokter hewan adalah sekitar $61, menurut analisis Forbes Advisor mengenai biaya dokter hewan, sedangkan biaya rata-rata untuk serangkaian vaksinasi (influenza bivalen, bordetella, DAPP, leptospirosis, penyakit Lyme, dan rabies) adalah biayanya.

Jadwalkan pemeriksaan tahunan dengan dokter hewan Anda
Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan Anda adalah dengan mengunjungi dokter hewan secara teratur sehingga mereka dapat memeriksa masalah kesehatan anjing Anda.

Carilah solusi untuk pencegahan kutu, caplak, dan cacing hati
Kutu dan caplak membahayakan kesehatan Anda dan hewan peliharaan Anda karena mereka dapat menularkan penyakit seperti penyakit Lyme, wabah penyakit, dan Demam Berbintik Rocky Mountain. Cacing hati dapat menyebabkan kerusakan pada arteri, jantung, dan paru-paru anjing Anda.

Bicarakan dengan dokter hewan Anda tentang tindakan pencegahan, seperti obat topikal dan oral.

Pertahankan vaksinasi yang tepat
Vaksinasi membantu melindungi tubuh anjing Anda dari penyakit invasif. Vaksin anjing standar biasanya mencakup parvovirus, distemper, rabies, dan hepatitis anjing.

Jika Anda merawat atau menaiki anjing Anda, Anda mungkin juga memerlukan vaksin terhadap Bordetella bronchiseptica, yang dapat menyebabkan batuk kandang. Dokter hewan Anda dapat membantu menentukan vaksin yang sesuai untuk anjing Anda.

Pertimbangkan untuk memandulkan atau mensterilkan hewan peliharaan Anda
Memandulkan dan mensterilkan hewan peliharaan bukan hanya tentang pengendalian populasi—ini juga dapat membantu melindungi anjing Anda dari penyakit tertentu.

Misalnya, memandulkan anjing betina Anda dapat mengurangi kemungkinannya terkena infeksi rahim dan tumor payudara. Mensterilkan anjing jantan dapat melindungi mereka dari kanker testis dan masalah prostat.

Sikat gigi anjing Anda
Meskipun sering diabaikan, perawatan gigi juga penting untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan Anda. Menyikat gigi anak anjing Anda secara teratur dapat membantu mencegah penyakit gigi yang dapat memengaruhi fungsi ginjal dan hati anjing Anda.

Pembersihan gigi mungkin juga disarankan, tetapi biayanya bisa beberapa ratus dolar hingga $1.000, bergantung pada lokasi Anda. Beberapa perusahaan asuransi hewan peliharaan, seperti asuransi hewan peliharaan Lemonade, menjual tambahan untuk membantu mengimbangi biaya perawatan gigi, termasuk pembersihan gigi rutin.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar