Tips Menyimpan Kopi yang Benar

Menyimpan kopi yang benar. (Foto: aladokter)

Sukoharjonews.com – Tak peduli seberapa mahal dan lezatnya bubuk kopi yang Anda disimpan di dapur, jika cara menyimpannya keliru, maka rasa kopi akan rusak. Untuk menghindari hal tersebut Anda harus tahu cara menyimpan kopi yang benar.


Dilansir VOI, Senin (16/10/2023), perlu diketahui bahwa kopi adalah bahan minuman yang mudah berubah. Ada banyak faktor yang membuat bubuk kopi mengalami penurunan kualitas hingga berpengaruh pada rasa saat diseduh. Cara menyimpan bubuk kopi adalah menempatkannya ke dalam wadah, lalu diletakkan di tempat yang aman. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyimpanan kopi.

Pakai Wadah Kedap Udara
Tidak disarankan untuk menyimpan bubuk kopi di plastik yang terbuka. Anda bisa menggunakan wadah yang dapat ditutup dengan rapat sehingga kopi lebih kedap udara. Pilih tutup wadah yang memiliki seal karet agar udara dari luar tidak mudah masuk.

Pilih Wadah Anti Panas
Penyimpanan kopi biasanya dilakukan di dalam botol atau wadah berbahan kaca. Namun sebenarnya, pemilihan wadah berbahan kaca bisa jadi bumerang untuk Anda. Seperti diketahu, kaca bisa jadi perantara panas yang cukup baik. Jika Anda menempatkan wadah kaca yang berisi kopi di tempat yang bersuhu ruangan panas, maka kopi bisa rusak. Anda bisa menggunakan wadah yang tidak mudah tertembus panas.


Simpan di Tempat Sejuk
Anda bisa menyimpan kopi di wadah kaca, lalu menaruhnya di area yang sejuk. Usahakan kopi tidak terpapar sinar matahari secara langsung atau di tempat yang tak terpapar panas seperti di area kompor atau oven. Hal ini dilakukan untuk mencegah kopi hambar dan menggumpal.

Hindari Tempat Lembab
Jangan simpan kopi di area lembab seperti di atas bak cuci piring atau di tempat lain yang memiliki udara lembap tinggi. Aturan ini juga berlaku di dalam lemari es. Anda tak perlu menyimpan bubuk kopi ke dalam lemari es untuk menjaganya tetap segar. Asal kopi disimpan dengan baik, kelezatannya akan lebih terjaga.

Jauhkan dari Area Berbau Menyengat
Kopi ternyata mampu menyerap bau. Oleh karena itu usahakan agar tidak menyimpan kopi di dekat sumber bau yang menyengat agar rasa dan aroma kopi tidak berubah. Jangan simpan kopi jadi satu dengan sumber makanan berbau menyengat seperti durian.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *