Tips Menjaga Pertemanan di Usia Dewasa

Tips mempererat pertemanan. (Foto: parapuan)

Sukoharjonews.com – Sebagai manusia, kita memang diciptakan untuk bersosialisasi dan memiliki koneksi dengan orang lain. Salah satu aspek untuk membangun koneksi itu adalah dengan cara berteman. Pertemanan sendiri adalah salah satu aspek penting bagi manusia, nggak terkecuali pertemanan pada usia dewasa.

Pertemanan pada usia dewasa sangat bermanfaat bagi kesehatan, lho. Memiliki teman akan membantu kamu mengurangi stres dan rasa cemas. Memiliki teman juga akan membantumu untuk menghadapi situasi hidup, baik di saat susah maupun senang. Dikutip dari Womantalk, pada Minggu (12/11/2023), berikut tips untuk menjaga pertemanan di usia dewasa:

1. Luangkan Waktu
Ketika sudah memasuki usia dewasa, tentu setiap orang memiliki kesibukan masing-masing. Entah itu pekerjaa, memiliki keluarga, atau tujuan tersendiri. Hal ini yang sering kali membuat hubungan pertemanan jadi berakhir.

Jika sudah begini, maka kamu serta teman-temanmu perlu meluangkan waktu untuk bertemu atau bertemu. Tidak perlu setiap hari, paling tidak tidak diagendakan untuk bertemu selama beberapa hari demi menjaga hubungan pertemanan.

2. Berusahalah Untuk Selau Ada Untuk Sahabat
Nasib sial dapat menghubungi siapa pun, termasuk sahabatmu. Ketika terpuruk, kebanyakan akan membutuhkan sosok yang berarti dalam hidupnya.

Berusahalah untuk selalu hadir di setiap momen baik dan buruk sahabat. Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, kamu tidak perlu bertatapan langsung dengan sahabat. Cukup memberi pesan atau sekedar video call di momen berkesan sahabat tersebut.

3. Jangan Ragu Untuk Ajak Ketemu
Sering kali ketika kangen dengan sahabat, kita ragu untuk mengajaknya ketemuan. Rasa ragu tersebut muncul karena takut jika sang sahabat tidak sempat meluangkan waktu, sedang sibuk, atau lainnya.

Hilangkan keraguan tersebut karena bisa jadi sahabatmu tersebut juga sedang menunggu ajakanmu. Ia juga memikirkan keraguan yang sama dengan kamu.

4. Ingat Komitmen
Segala hubungan tentu saja membutuhkan komitmen. Tidak hanya hubungan percintaan, hubungan persahabatan juga membutuhkan komitmen.

Tidak hanya kamu yang berusaha menjaga komitmen, tetapi juga sahabatmu. Kamu dan sahabat harus menjaga komitmen dalam hubungan pertemanan tersebut agar tetap bertahan.

5. Hargailah Teman
Saling menghargai merupakan salah satu bentuk dasar dalam menjaga tali pertemanan. Di usia dewasa di mana masalah yang datang akan semakin kompleks, sahabatmu pastinya akan membutuhkan nasehat.

Di usia dewasa, kamu hanya bisa menjadi pemberi saran dan menghindari untuk bersikap menghakimi. Semua keputusan akan ada di tangan sahabatmu, dan kamu harus menghargainya.

Hubungan pertemanan di usia dewasa memang penuh tantangan. Salah langkah malah bisa berakhir dengan cepat.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar