Tips  

Tips Mengurangi Keriput di Wajah Dengan Cara Alami

Tips Mengurangi Keriput Wajah. (Liputan6.com)

Sukoharjonews.com – Masalah keriput di bagian wajah sebenarnya merupakan hal yang wajar ketika usia kita tidak muda lagi. Keriput akan muncul sebagai tanda terjadinya proses penuaan. Proses keriput ini tidak bisa dihindari, namun bisa dikurangi dengan cara-cara alami. Para perempuan sering ingin menjaga penampilan agar terlihat masih muda meski usia tidak muda lagi.



Beberapa tips ini bisa mengurangi keruput di bagian wajah. Dikutip dari www.hellosehat.com, keriput di wajah bisa timbul akibat beberapa kebiasaan seperti merokok, minum alkohol, tidak menggunakan tabir surya saat terpapar sinar matahari, mandi dengan air panas terlalu lama, terlalu sering cuci muka, dan sebagainya. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi keriput pada wajah.

1. Jangan terlalu sering mencuci muka
Untuk menjaga kebersihan kulit wajah, seseorang sering kali mencuci wajah terlalu sering. Mereka menganggap bahwa semakin sering mencuci wajah, maka semakin baik karena akan membuat wajah selalu dalam keadaan bersih.

Memang, tidak sepenuhnya salah. Hanya saja, mencuci muka terlalu sering tidak dianjurkan. Mencuci wajah terlalu sering dapat menghilangkan kelembaban dan minyak alami yang berperan dalam mencegah munculnya keriput pada wajah.

Tips Mengurangi Keriput Wajah. (Kumparan.com)

2. Gunakan tabir surya
Penyebab utama keriput di antaranya adalah terlalu banyak terpapar sinar matahari, dan Anda tidak menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda. Sebuah studi menunjukkan bahwa paparan sinar matahari lebih banyak menjadi penyebab munculnya keriput dibandingkan dengan faktor keturunan. Studi tersebut juga menemukan bahwa orang yang jarang terpapar sinar matahari memiliki lebih sedikit keriput dan terlihat lebih muda dibandingkan dengan mereka yang sering terpapar sinar matahari.

3. Jangan merokok
Merokok telah lama diketahui memiliki dampak buruk pada kesehatan kulit. Studi bahkan menunjukkan bahwa rokok dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit dengan menghasilkan enzim yang akan memecah kolagen dan elastisitas kulit. Studi lain juga menunjukkan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko munculnya keriput lebih cepat dan membuat kulit lebih tipis dibandingkan dengan yang bukan perokok.



4. Tidur cukup
Saat Anda tidak tidur cukup, tubuh Anda akan menghasilkan kortisol, hormon yang akan memecah sel-sel kulit Anda. Namun di saat Anda tidur cukup, setidaknya enam sampai delapan jam sehari, maka tubuh Anda akan menghasilkan HGH atau Human Growth Hormone yang dapat mempertahankan elastisitas kulit sehingga mencegah munculnya keriput.

5. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran
Buah dan sayur banyak mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas pada kulit yang dapat merusak kulit. Konsumsi buah dan sayuran juga dapat membantu membuat kulit lebih muda dan mencegah penuaan dini.

Tips Mengurangi Keriput Wajah Dengan Kedelai. (Tribunnews.com)

6. Makan lebih banyak kedelai
Kedelai dapat memperbaiki penampilan kulit Anda dan melindunginya. Sebuah studi menunjukkan bahwa kedelai dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Bahkan, studi yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa suplemen berbahan dasar kedelai dapat memperbaiki struktur dan ketegaran kulit setelah enam bulan pemakaian.

7. Makan lebih banyak ikan, terutama salmon
Kadar kolagen pada tubuh akan berkurang seiring pertambahan usia. Padahal, kolagen sangat penting pada tubuh dalam menyusun otot, sendi, dan kulit, karena 70 persen kulit adalah kolagen. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga kolagen, salah satunya dengan perbanyak konsumsi ikan.

Ikan merupakan sumber protein dan asam lemak esensial yang dikenal sebagai omega 3 yang dapat membantu mengurangi keriput pada kulit. Salmon mengandung astaxanthin dan carotenoid yang dapat meningkatkan elastisitas kulit, sehingga dapat meminimalkan pertumbuhan garis-garis halus tanda keriput.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk konsumsi vitamin C karena pembentukan kolagen pada tubuh akan lebih optimal jika kebutuhan vitamin C pada tubuh terpenuhi. Vitamin C dapat meningkatkan jumlah kolagen kulit Anda, melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV, dan membantu mengurangi kemerahan, bintik hitam, dan warna kulit yang tidak merata. (*)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments