Tips Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau

Tips memasak daging kambing agar tidak bau.(Foto:VOI)

Sukoharjonews.com – Hari Raya Idul Adha identik dengan hari kurban, yaitu menyembelih hewan ternak. Salah satu hewan yang disembelih adalah kambing, dengan bau prengus khasnya. Bagi sebagian orang yang tidak menyukai daging kambing, bau prengus menjadi salah satu faktor kelemahannya.

Dilansir dari Hops, Selasa (18/6/2024), cara memasak daging kambing yang tepat bisa menjadi alternatif solusi dalam memecahkan permasalahan bau prengus yang ditimbulkan.Hal ini dikarenakan bau prengus dari kambing bisa membuat orang kehilangan selera makan, pusing-pusing, mual, muntah, atau bahkan hingga pingsan, berikut cara-cara memasak daging kambing agar tidak bau prengus.

1. Menyiram daging dengan air perasan jeruk nipis
Aroma segar dari jeruk nipis yang kuat dan khas dapat menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Setelah daging disiram air jeruk nipis, diamkan selama 30 sampai 60 menit sebelum dimasak, atau hingga bau prengus tersebut sudah hilang.

2. Melumuri daging dengan garam dapur
Garam dapur dengan cita rasa asin bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing, dengan cara melumurkannya secara merata.

2. Melumuri daging dengan garam dapur
Garam dapur dengan cita rasa asin bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing, dengan cara melumurkannya secara merata.

4. Menggunakan daun pepaya
Daun pepaya terkenal dengan rasa pahitnya. Ini bisa digunakan untuk menghilangkan bau prengus, yaitu dengan cara membungkus daging kambing dengan daun pepaya yang sudah dicuci bersih.

5. Merebus daging kambing
Proses perebusan daging kambing juga bisa menghilangkan bau prengus yang ditimbulkan. Sebelum memasukkan dagingnya ke dalam panci, harus menunggu air mendidih terlebih dahulu, lalu merebusnya hingga daging menjadi empuk.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar