Tips  

Tips Menghilangkan Bau Badan dan Ketiak Tak Sedap Secara Alami

Tips Menghilangkan Bau Badan. (Style Samba)

Sukoharjonews.com – Malu!Itulah yang kita rasakan ketika bau badan atau keringat kita berbau tak sedap. Parahnya lagi, orang-orang di sekitar kita menyadarinya dan menyampaikannya ke kita jika badan atau keringat kita berbau. Belum lagi jika bau badan kita jadi bahan omongan, pasti malunya tidak ketulungan tuh. Begitu juga sebaliknya ketika kita mencium aroma tak sedap dari teman kita. Pasti membuat suasana menjadi tidak nyaman.



Pada dasarnya, bau badan tidak sedap terjadi ketika keringat berlebihan dari tubuh kita. Seperti dikutip dari www.manjadda.com, bau badan terjadi karena jamur atau kuman yang tercampur dengan keringat. Namun, keringat yang keluar merupakan salah satu aktivitas metabolisme tubuh yang harus dilalui setiap hari untuk membuang zat-zat yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh atau sisa metabolisme. Berikut ini tips menghilangkan bau badan tak sedap secara alami.

1. Menggunakan Daun Sirih
Daun sirih merupakan bahan alami yang banyak memiliki manfaat dan salah satunya yaitu untuk menghilangkan bau badan dan ketiak dengan cepat. Pasalnya, di dalam daun sirih terdapat kandungan zat antioksidan yang mampu untuk membunuh kuman dan jamur. Cara menggunakan nya dengan merebus kurang lebih 9-10 lembar daun sirih dan gunakan hasil rebusan tersebut untuk mandi atau anda juga dapat meminumnya. Pemakaian secara teratur akan dengan cepat menghilangkan bau badan.

Tips Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Kemangi. (Beritaharian1010.blogspot.com)

2. Menggunakan Daun Kemangi
Daun kemangi memiliki bau yang khas dan mengandung minyak aksirin. Cara menggunakannya santap daun kemangi secara rutin agar bau badan hilang. Daun kemangi sering kali digunakan sebagai lalapan untuk lauk makan. Hal ini memang bertujuan untuk menghilangkan bau mulut setelah makan daging. Selain itu, bisa juga untuk menghilangkan bau badan.

3. Dengan Bubur Tomat
Tomat juga mampu menghilangkan bau ketiak anda. Siapkan 1-2 buah tomat lalu aduk sampai menjadi bubur. Lalu oleskan bubur tomat ke ketiak anda secara merata. Biarkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini dalam beberapa minggu, niscaya bau ketiak anda akan berkurang bahkan hilang dalam waktu singkat.



4. Dengan Lobak
Anda pasti tahu dengan sayuran yang satu ini, yaksi lobak. Anda bisa mendapatkan lobak di pasar-pasar tradisional atau supermarket terdekat. Caranya anda buat jus dari lobak lalu isikan di bekas botol minyak wangi anda. Bawa jus lobak tersebut kemana aja anda bepergian, dan semprotkan ke ketiak pada saat-saat ketiak anda mulai bau.

5. Dengan Daun Beluntas
Tanaman yang mengandung zat alkali dan mengandung aroma yang kuat. Cara menggunakannya untuk menghilangkan bau badan yaitu dengan menggunakan daun beluntas sebagai bahan lalap mentah atau anda bisa merebus dahulu kemudian air rebusannya diminum.

Tips Menghilangkan Bau Badan dengan Jeruk Nipis. (Manjadda.com)

6. Menggunakan Jeruk Nipis
Jeruk nipis memang buah yang banyak sekali manfaatnya entah itu di bidang masakan, kesehatan, dan kecantikan. Salah satunya yaitu untuk menghilangkan bekas jerawat membandel dengan jeruk nipis. Caranya potong tipis jeruk nipis, lalu taburi dengan sedikit kapur sirih. Kemudian oleskan pada ketiak dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Lalukan cara ini dengan konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Menggunakan Cengkeh
Cengkeh mengandung zat aktif untuk anti inflmasi dan anti bakteri yang bisa anda gunakan untuk membuat deodoran alami. Caranya rendam cengkeh pada air hangat sampai mengembang, kemudian minum air rendaman tersebut atau bisa juga dengan mengoleskan pada area ketiak dan jangan lupa bilas dengan menggunakan air bersih.



8. Menggunakan Rimpang Temulawak
Rimpang temulawak juga mengandung minyak aksirin yang dapat mengatasi bau badan. Caranya parut temulawak kemudian oleskan pada bagian yang sering berkeringat atau anda juga bisa meminum air rebusan temulawak untuk menghilangkan bau ketiak. Lakukan secara teratur untuk mempercepat menghilangkan bau ketiak anda.

9. Dengan Mengonsumsi Air Putih
Dengan mengkonsumsi air putih secara teratur maka sirkulasi air yang ada di tubuh anda akan lancar. Air putih bermanfaat untuk memproduksi keringat yang sehat tanpa mengeluarkan bau. Coba bandingkan bau keringat jika anda lebih besar porsi minum selain meminum air putih. Minumlah air putih dengan cukup, Minimal sehari delapan gelas.

Tips Menghilangkan Bau Badan. (Sehatnegeriku.kemkes.go.id)

Demikian bahan alami yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan bau badan atau ketiak yang menyengat dan permanen. Anda bisa mencoba satu dari beberapa cara diatas. Pastikan anda melakukannya dengan teratur. jika muncul iritasi dan masalah lainnya di kulit ketiak anda, segera henti kan penggunaan bahan tersebut dan cepat bawa kerumah sakit. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 1 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments