Tips mengatasi Komedo di Hidung yang Perlu Anda Ketahui!

Mengatasi komedo di hidung. (Foto: indozone beauty)

Sukoharjonews.com – Komedo merupakan benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit dan seringnya terjadi di hidung dan area kulit sekitarnya. Komedo sering kali dianggap mengganggu penampilan. Sebagai salah satu jenis jerawat, komedo dapat menyebabkan terbentuknya jerawat yang ukurannya lebih besar. Sehingga, tak heran apabila banyak orang ingin tahu bagaimana cara mengatasi komedo secara efektif.

Komedo terbagi menjadi dua jenis, yaitu komedo terbuka (blackhead) dan komedo tertutup (whitehead). Blackhead terjadi ketika minyak masuk ke dalam pori-pori yang terbuka kemudian bercampur dengan sel kulit mati dan keringat hingga akhirnya menyumbat pori-pori. Sumbatan tersebut terpapar udara, teroksidasi dan akhirnya mengalami perubahan warna menjadi gelap. Dikutip dari Marsha Beauty, pada Selasa (26/9/2023), berikut tips mengatasi komedo yang ada di hidung:

1. Cuci Muka dengan Lembut
Membersihkan wajah adalah langkah awal yang sangat penting dalam perawatan kulit. Gunakan pembersih wajah ringan yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Hindari produk yang terlalu keras atau mengandung bahan kimia agresif, karena ini dapat menyebabkan iritasi dan memperburuk kondisi kulit.

2. Gunakan Produk yang Mengandung Salicylic Acid
Asam salisilat atau salicylic acid adalah bahan aktif yang efektif dalam membantu membersihkan pori-pori dan mencegah terbentuknya komedo baru. Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung salicylic acid, seperti toner atau serum sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit kamu.

3. Eksfoliasi Rutin
Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori, mengurangi kemungkinan terbentuknya komedo. Pilihlah eksfoliator yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat atau asam glikolat, yang terbukti efektif dalam mengatasi komedo.

4. Gunakan Pelembap Non-Komedogenik
Meskipun kamu mungkin memiliki kulit berminyak, pelembap tetap penting untuk menjaga keseimbangan kelembapan kulit. Pilihlah produk pelembap yang tidak menyumbat pori-pori (non-komedogenik) untuk mencegah terbentuknya komedo baru.

Dengan mengikuti tips-tips dari ahli skincare di atas, Anda dapat memperbaiki kondisi kulit Anda dan mencapai kulit yang lebih sehat dan bersih. Ingatlah untuk selalu mendengarkan kebutuhan kulit Anda sendiri dan menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar