Tips Melindungi Rambut dari Sinar Matahari

Tips melindungi rambut dari sinar matahari. (Foto: healthshots)

Sukoharjonews.com – Musim panas sudah dekat dengan suhu yang melonjak tinggi setiap hari. Sementara perawatan kulit adalah rutinitas kecantikan yang penting untuk diikuti untuk melindungi kulit dari radiasi UV yang berbahaya, helaian rambut Anda juga perlu dilindungi.

Jika rambut mengalami paparan sinar matahari yang terlalu lama, lapisan terluar helai rambut yang dikenal sebagai kutikula akan rusak. Bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada batang rambut dan menyebabkan berbagai masalah rambut seperti perubahan warna, uban dini, helai rambut rapuh, berpikir dan kusut. Dikutip dari Swirlster, pada Minggu (25/6/2023), berikut tips melindungi rambut Anda dari sinar matahari:

1. Buat Lapisan Pelindung Pada Rambut
Gunakan produk perawatan rambut seperti kondisioner tanpa bilas atau serum rambut yang membentuk lapisan tipis di atas helai rambut. Ini dapat melindungi rambut dari efek langsung radiasi UV yang berbahaya dan merupakan lapisan pelindung untuk surai.

2. Kurangi Penggunaan Shampo
Jika Anda keramas setiap hari, sekarang saatnya untuk pergi seminggu sekali. Karena panasnya musim panas, minyak alami dari rambut sudah terhapus. Keramas rambut secara teratur dapat menyebabkan rambut kehilangan minyak alaminya bahkan lebih sehingga menyebabkan rambut rapuh dan keriting.

3. Gunakan Tabir Surya Rambut
Sebanyak kulit perlu diolesi tabir surya sebelum keluar di panas terik, kulit kepala juga membutuhkan perlindungan. Setelah menyisir rambut, sebelum keluar, oleskan tabir surya rambut di kulit kepala. Ini akan melindungi kulit kepala dari dampak langsung radiasi UV.

4. Sertakan Antioksidan Dalam Diet Anda
Sinar matahari yang berbahaya menyebabkan kerusakan oksidatif pada rambut dan untuk membalikkan efeknya, penting untuk memasukkan banyak buah dan sayuran berwarna ke dalam makanan. Sertakan buah-buahan dan sayuran yang memiliki sifat antioksidan.

5. Menutupi Rambut
Menutupi rambut adalah cara paling umum untuk melindungi helai rambut di musim panas. Gunakan payung atau kenakan topi atau penutup kepala saat keluar rumah di bawah sinar matahari. Anda juga bisa menata syal dan tetap bergaya dan chic.

Demikian tips untuk melindungi rambut Anda dari paparan sinar matahari. Selamat mencoba!(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar