Tips Jitu Mencegah Mabuk Perjalanan Saat Mudik

Tips jitu cegah mabuk perjalanan. (Freepik)

Sukoharjonews.com – Mudik adalah salah satu tradisi yang selalu dilakukan setiap orang saat merayakan Idul Fitri, apakah kamu sedang melakukan persiapan perjalanan untuk mudik? Ya, untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri, banyak yang akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman untuk bertemu keluarga.


Dilansir dari Healthline, Sabtu (22/4/2023), satu yang harus diperhatikan saat mudik adalah kesehatan kamu, nih, Beauties, terutama buat kamu yang gampang alami mabuk perjalanan. Berikut ini beberapa kiat yang bisa kamu terapkan.

1. Minum Obat Anti Mual
Sebelum melakukan perjalanan, kamu bisa meminum obat anti mual untuk mencegah mabuk saat berkendara. Beberapa jenis obat tersedia di apotek yang bisa kamu beli sesuai takaran dan penggunaan yang tepat. Jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu, pastikan mengonsumsi obat sesuai dengan anjuran atau resep dokter.


2. Hindari Minuman Berkafein
Saat mudik lebaran, kamu perlu membatasi asupan dan minuman berkafein tinggi yang bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda yang menyebabkan dehidrasi dan memperparah mual. Sebaiknya, jika kamu sedang tidak berpuasa saat mudik, kamu bisa memperbanyak minum air, susu, atau jus buah agar mudik lancar selama perjalanan.

3. Dapatkan Udara yang Segar
Saat mual atau mabuk kendaraan, sistem pernapasan menjadi terganggu dan tubuh terasa gerah. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa membuka jendela mobil untuk mendapatkan udara yang segar. Alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan kipas angin untuk meniupkan udara ke wajah.


4. Alihkan Perhatian dengan Mendengarkan Musik
Nyalakan radio atau mendengarkan musik untuk mengalihkan pikiran dari perasaan ingin muntah. Cara ini terbukti cukup efektif untuk membuat kondisi tubuh terasa lebih baik. Dalam penelitian tahun 2022, peneliti mengungkapkan bahwa mendengarkan musik dapat membantu mencegah seseorang agar tidak muntah selama perjalanan.

5. Gunakan Aromaterapi
Pilihlah aromaterapi yang tepat untuk membuat kamu merasa lebih rileks. Aroma tertentu seperti peppermint dapat membantu mengurangi rasa mual dan tidak enak badan. Oleh sebab itu, menggunakan aromaterapi di dalam kendaraan bisa jadi saran yang tepat untuk mencegah mabuk perjalanan.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *