Tips Berlatih Meditasi Bagi Pemula

Meditasi bagi pemula.( Foto: noice)

Sukoharjonews.com – Padatnya aktivitas dan rutinitas sehari-hari tentu dapat memicu stres pada kebanyakan orang. Kondisi tersebut tidak dapat disepelekan, karena kadar stres yang tinggi dapat memengaruhi kesehatan mental dan produktivitas. Maka dari itu, penting untuk selalu mengelola stres melalui beberapa aktivitas positif.

Nah, salah satu aktivitas positif yang dapat kamu pertimbangkan adalah meditasi. Aktivitas ini adalah teknik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam kehidupan. Dikitup dari Aido Health, pada Minggu (28/10/2023), berikut tips bagi pemula yang ingin mencoba meditasi:

1. Jangan Pikirkan Caranya, Mulai Saja
Banyak dari kita terjebak didalam memikirkan cara sehingga tak pernah memulai untuk meditasi. Memang ada banyak cara atau metode yang bisa kita coba dalam meditasi, tapi untuk awal itu tidak begitu penting, sebab yang terpenting sekarang hanyalah memulai saja.

Dengan kata lain, sebelum kita memikirkan cara yang tepat, pertama-tama kita harus menemukan kenyamanan dulu dengan diri sendiri. Apakah kamu bisa merasa nyaman duduk dengan dirimu sendiri? Jika tidak, coba latih dirimu untuk menjadi nyaman dengan kesendirian.

Banyak orang yang mudah merasa bosan dengan dirinya sendiri sehingga ia selalu mencari sesuatu dari eksternal untuk membuat dirinya merasa lebih baik. Tujuan meditasi adalah untuk menemukan sesuatu dari dalam diri, maka hal pertama yang harus dilatih adalah berhenti mencari sesuatu dari luar diri.

2. Berlatih Untuk Hidup Di Dunia yang Benar Nyata
Di era sekarang ini, meditasi dan yoga dipandang sebagai suatu cara untuk meningkatkan kebugaran, meningkatkan konsentrasi, menjernihkan pikiran dan segala manfaat lainnya untuk keuntungan diri sendiri. Tetapi secara historis semua itu bertujuan agar kita menjadi manusia yang lebih bermoral dan membawa dampak positif, itulah mengapa dari awal kita tidak membahas cara meditasi, sebab yang terpenting adalah dampak dari meditasi yang kita lakukan.

Jika kita hanya fokus mencari salah dan benar dalam meditasi, maka itu akan membuat kita menjadi manusia yang merasa superior atau manusia yang lemah. Sebab, kepercayaan kita bahwa meditasi menjernihkan pikiran terkadang malah membuat kita jadi tidak jernih, dengan kata lain setelah meditasi kita mulai merasa diri ini yang paling jernih dalam berpikir sementara yang lain berpikiran kurang jernih.

Meditasi tidak hanya dilakukan saat kita duduk diam saja, tetapi juga saat kita berinteraksi dengan orang lain. Jadi tetaplah memperhatikan semua yang ada dalam dirimu, melihat pikiran yang terlintas hanya sebagai pikiran saja, bukan sebagai dirimu dan melihat setiap perasaan yang terlintas hanya sebatas perasaan yang terlintas saja, bukan kenyataan.

Memberi perhatian ke dalam diri perlu terus menerus dilakukan sepanjang kita sadar bahkan saat kamu melakukan aktivitas sehari-hari, itulah meditasi yang sesungguhnya.

3. Mulai Dari Apa Yang Paling Penting
Banyak orang mulai menyadari bahwa meditasi merupakan alat yang bermanfaat, tapi kebanyakan mengira meditasi merupakan alat pemuas ego yang bisa memenuhi segala keinginan.

Misal, kamu mendengar bahwa meditasi bisa membuat seseorang mengaktifkan energi yang lebih tinggi atau yang disebut Kundalini, lalu kamu berpikir bahwa kamu juga harus seperti itu, kamu juga harus mencapai apa yang orang lain capai?

Pertanyaannya adalah apakah itu benar-benar penting untuk dirimu sekarang? Memang ada begitu banyak metode dalam meditasi, tapi lakukanlah apa yang paling penting dulu untuk dirimu.

Sebagai pemula, hal yang paling penting untuk kita sebenarnya adalah meningkatkan konsentrasi agar kita memiliki persepsi yang jelas dalam hidup. Jadi, sebelum mulai melangkah, sadari dulu dimana kamu berdiri, itu akan memberimu persepsi yang jelas!

4. Jangan Buru-buru Mendapatkan Semuanya, Capai Satu Persatu
Jika kita mengamati diri ini, maka terlihatlah jelas bahwa ia selalu menginginkan hal-hal yang berlawanan. Itulah mengapa di dalam meditasi kita berlatih untuk mengabaikan pikiran, mengabaikan perasaan dan mengabaikan pengetahuan. Kita hanya perlu menjadi kosong, hening. Sebab dalam keheningan kita akan menemukan sesuatu yang benar-benar dibutuhkan.

Maka jika kamu pernah membaca tentang cara meditasi, tentang manfaat meditasi atau dampak buruk meditasi, semua itu, abaikan. Masuklah ke dalam keheningan, ke dalam ketidaktahuan dan ketidakpastian. Pisahkan dirimu yang sejati dari semua omong kosong dan lakukan meditasi dengan ikhlas juga kepasrahan. Sikap yang seperti inilah yang akan membuat kita bertumbuh pelan-pelan hingga mencapai kesadaran yang lebih tinggi.

Setiap orang tidak perlu diajarkan kapan waktunya untuk meditasi, pakaian seperti apa yang harus dipakai saat meditasi, tempat dan suasana seperti apa yang baik untuk meditasi atau semua omong kosong lainnya yang hanya menumbuhkan keinginan dan ketakutan. Sebab kita sebenarnya tahu apa yang harus dilakukan tanpa perlu diberi tahu jika kita mengikuti intuisi yang berasal dari dalam diri ini.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar