Tips Atasi Batuk di Malam Hari

Atasi batuk di malam hari.(Foto: aladokter)

Sukoharjonews.com – Ada banyak cara menghentikan batuk di malam hari sesuai dengan penyebabnya. Batuk di malam hari bisa menandakan Anda menderita penyakit, seperti GERD, asma, hingga gagal jantung.


Dilansir dari Ciputra hospital, Kamis (17/10/2024), batuk merupakan hal yang normal dan sering terjadi, terutama sebagai mekanisme tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari iritan atau lendir. Namun, jika batuk terus-menerus terjadi pada malam hari, hal ini bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang perlu diperhatikan.

Penyebab Batuk-Batuk di Malam Hari
Ada beberapa penyebab batuk-batuk di malam hari yang perlu Anda waspadai, di antaranya:

GERD: Asam lambung yang naik ke tenggorokan bisa mengiritasi saluran napas dan memicu batuk.
Asma: Penyempitan saluran napas yang sering memburuk saat malam, menyebabkan kesulitan bernapas dan batuk.

Gagal Jantung: Cairan yang menumpuk di paru-paru, terutama saat berbaring dapat menyebabkan batuk yang sering terjadi pada malam hari.

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA): Infeksi virus atau bakteri yang mengiritasi saluran pernapasan sehingga memicu batuk.

Alergi: Reaksi terhadap alergen seperti debu, serbuk sari, atau bulu binatang yang lebih terasa pada malam hari dan menyebabkan batuk.


Bagaimana Cara Menghentikan Batuk di Malam Hari

1. Posisi Kepala Tempat Tidur
Disaat berbaring dengan posisi kepala yang sejajar dengan badan maka akan lebih mudah iritasi menjalar ke area tenggorokan sehingga memicu batuk. Cobalah menopang beberapa bantal untuk mengangkat kepala Anda.

2. Gunakan Pelembap Udara
Udara kering dapat mengiritasi tenggorokan dan saluran udara. Beberapa orang juga batuk ketika menyalakan pemanas di musim dingin. Ini karena pelepasan polutan yang menumpuk di saluran pemanas.

Pelembap udara (humidifier) dapat membantu menjaga udara di kamar tetap lembap sehingga bisa membuat tenggorokan terasa lebih baik.


3. Coba Madu
Madu dan minuman panas dapat membantu melonggarkan lendir di tenggorokan. Campurkan dua sendok teh madu ke dalam teh bebas kafein, seperti teh herbal, untuk diminum sebelum tidur. Namun, sebaiknya jangan pernah memberikan madu kepada anak-anak di bawah 1 tahun.

4. Atasi GERD yang Dimiliki
Berbaring membuat asam lambung lebih mudah mengalir ke kerongkongan. Kondisi ini dikenal sebagai refluks asam. Penyakit refluks gastroesofageal (GERD) adalah bentuk kronis dari refluks asam dan merupakan penyebab umum batuk malam hari.(patrisia
argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *