Tinggalkan! Inilah Kebiasaan Pagi yang Dapat Sebabkan Berat Badan Bertambah

Kebiasaan buruk di pagi hari sebebkan berat badan naik. (Foto: unsplash)

Sukoharjonews.com – Memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan merupakan gaya hidup yang harus diperhatikan setiap orang. Tubuh manusia adalah sekumpulan otot dan tulang kompleks yang berfungsi sebagai mesin, kehidupan, dan pernapasan.


Memperhatikan apa yang kita makan dapat membantu menjaga tubuh kita dalam kondisi optimal. Kenaikan berat badan mungkin tidak terdengar menakutkan, namun dalam jangka panjang dapat membuat seseorang lebih rentan terkena penyakit seperti dislipidemia, diabetes, dan hipertensi. Dikutip dari Web News Observer, pada Sabtu (2/12/2023), berikut kebiasaan pagi yang dapat sebabkan berat badan bertambah:

1. Tidak Minum Air
Air putih baik untuk tubuh kita, terutama jika kita meminum air hangat di pagi hari, karena dapat membantu menurunkan berat badan. Tubuh kita yang dehidrasi, setelah bangun tidur, membutuhkan hidrasi, yang juga membantu dalam pembakaran kalori. Kebiasaan tidak minum air putih di pagi hari dapat menyebabkan seseorang menderita sakit kepala, kurang energi, dan pusing.


2. Melewati Sarapan
Anggapan yang keliru bahwa menurunkan berat badan bisa cepat dilakukan hanya dengan melewatkan waktu makan. Namun seseorang tidak boleh melewatkan sarapan, karena ini adalah waktu makan terpenting dalam sehari. Sarapan yang baik dengan protein dan asam lemak akan meningkatkan kesehatan seseorang secara keseluruhan dan memberi mereka lebih banyak energi untuk belajar atau bekerja. Jadi, jangan melewatkan sarapan, melainkan sarapanlah yang sehat agar tubuh cukup kenyang untuk memulai hari dengan penuh semangat.

3. Menghindari Paparan Sinar Matahari
Berjemur atau tidak, seseorang harus selalu berjemur di bawah sinar matahari. Saat seseorang memulai hari mereka, ambillah secangkir kopi Anda dan berdiamlah tidak lebih dari 10-15 menit di balkon untuk mendapatkan paparan sinar matahari di pagi hari, ketika sinarnya lebih lemah. Berpakaian di tempat gelap dan sengaja menjauhi sinar matahari dapat mempengaruhi indeks massa tubuh seseorang.


4. Mengonsumsi Kafein dengan Gula
Pokok orang yang bekerja adalah meminum kafein di pagi hari setiap hari dan secara religius tanpa henti. Secangkir kopi hitam yang baru diseduh memang membantu menurunkan berat badan, namun menambahkan gula ke dalam campuran hanya dapat menyebabkan hasil yang merugikan. Gula buatan berdampak buruk bagi tubuh manusia, dan konsumsinya di awal hari dapat menyebabkan masalah jantung.

5. Menghindari Berolahraga
Sudah menjadi fakta umum bahwa olahraga pagi hari paling baik dilakukan seseorang dalam rutinitasnya. Bermalas-malasan dan menghindari olahraga, meski tidak mengonsumsi junk food, akan menyebabkan lingkar pinggang bertambah. Latihan ringan sebanyak 15-20 menit dapat meningkatkan kesehatan sekaligus mengawasi penambahan berat badan dan penyakit lain yang bisa didapat dari penambahan berat badan.


6. Menyantap Makanan Olahan Setelah Sarapan
Seringkali di meja sarapan, makanan seperti roti, keju, bacon, atau sereal adalah pemandangan yang umum dilihat, namun makanan tersebut termasuk dalam kategori makanan olahan. Makanan olahan memang menggemukkan, dan mengonsumsinya setiap hari merupakan salah satu kebiasaan pagi hari yang bisa memicu penambahan berat badan. Temukan alternatif seperti buah-buahan atau salad dan kacang-kacangan untuk mendapatkan lebih banyak serat alami, membantu pencernaan dan menjaga berat badan tetap terkendali.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *