Ragam  

Tim Penyapu Jalan Berlubang Mulai Terjun, Jalur Mudik Dijamin Mulus H-10

Jalan Jenderal Sudirman (Jensud) saat ini sudah menjadi jalan kabupaten sehingga kerusakan yang terjadi menjadi tanggung jawab Pemkab dalam hal ini DPUPR.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pemkab Sukoharjo melakukan persiapan sebelum arus mudik Lebaran mulai tiba. Salah satu fokusnya adalah menyiapkan infrastruktur jalan yang baik bagi pemudik. Salah satu upayanya dengan menerjunkan tim penyapu lubang jalan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR). Tim tersebut diturunkan di jalan-jalan yang menjadi jalur mudik yang statusnya jalan kabupaten.



“Tim penyapu lubang jalan ini sudah bekerja menambal jalan yang berlubang di jalur mudik. Targetnya selesai pada H-10 Lebaran,” jelas Kabid Bina Marga DPUPR Sukoharjo Sarjito, Jumat (17/5).

Lebih lanjut Sarjito mengatakan, dalam rangka mengantisipasi arus mudik Lebaran, DPUPR melakukan perbaikan jalan. Sebelum perbaikan, petugas juga telah melakukan inventarisasi kerusakan jalan dengan melibatkan berbagai dinas terkait. Dalam kesempatan itu, petugas berkeliling memantau kerusakan-kerusakan jalan yang ada. Baik itu jakan kabupaten, provinsi dan nasional. Jika ditemukan jalan berlubang, petugas lantas melakukan penambalan jalan sebagai solusi sementara.

Sarjito juga mengatakan, tim sapu lubang bekerja menambal sulam jalan yang berlubang dengan menggunakan dana pemeliharaan yang disiapkan dalam APBD 2019. Dana tersebut khusus untuk perbaikan jalan yang berstatus jalan kabupaten. Untuk jalan provinsi, Pemkab sudah koordinasi dengan Pemprov untuk melakukan perbaikan.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa menyatakan komitmennya terkait penyiapan jalur mudik tahun ini. Dikatakan Sekda, persiapan tidak hanya jalan,  namun juga rambu petunjuk arah dan petugas yang diterjunkan di lapangan. Terkait hal itu, beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam persiapan mudik Lebaran, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) bertugas mempersiapkan infrastruktur jalan.

Kemudian Dinas Perhubungan (Dishub) soal rambu dan petugas pengatur lalu lintas. Selain itu masih ada juga keterlibatan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam membantu soal ketertiban. Selain itu juga Dinas Kesehatan untuk petugas medis di Pospam.

“Persiapan dan koordinasi dengan instansi terkait sudah dilakukan untuk arus mudik dan balik Lebaran," ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *