Tim Gabungan Cek Hewan Kurban, Antisipasi Hewan Bermasalah

Petugas gabungan melakukan pengecekan lapangan kondisi hewan kurban di peternakan di wilayah Kecamatan Nguter, Senin (13/8)

Sukoharjonews.com (Nguter) – Petugas gabungan Polres Sukoharjo dan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) melakukan pengecekan hewan kurban, Senin (13/8). Pengecekan dilakukan langsung ke peternak hewan di wilayah Kecamatan Nguter. Pengecekan hewan tersebut dilakukan dalam rangka mengantisipasi kemungkinan adanya hewan kurban yang bermasalah, salah satunya bermasalah karena kesehatannya.


“Kami mengecek kondisi hewan kurban langsung pada peternak. Termasuk juga kondisi lingkungan hewan tersebut dipelihara,” jelas Kabid Sumber Daya Kesehatan (DKK) Sukoharjo Sutarmi.

Dia mengatakan, petugas melakukan pengecekan terhadap makanan ternak, perawatan, dan juga termasuk cara memandikan hewan. Hal tersebut untuk memastikan agar hewan ternak yang akan dijadikan kurban, benar-benar sehat sehingga layak dikonsumsi masyarakat. Dari pengecekan yang dilakukan di peternakan yang ada di Gupit dan Plesan Kecamatan Nguter, kondisi hewan yang dipelihara peternak kondisinya bagus. Sejauh ini tidak ditemukan adanya hewan yang penyakitan dan perawatannya tidak baik.

Hal senada diungkapkan Kanit II Satreskim Polres Sukoharjo Iptu Puryono. Menurutnya, pihaknya bersama-sama dengan dinas terkait terjun ke lapangan untuk memastikan kondisi hewan yang akan dijadikan kurban dalam kondisi sehat. Menurutnya, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan di Nguter tidak di temukan adanya hewan ternak bermasalah. Dia berharap kondisi tersebut terus terjaga sampai nanti hari H Idul Adha.

“Kami akan melakukan pantauan di lapangan. Terlebih sudah ada perintah langsung dari Kapolres untuk mengawasi hewan-hewan yan akan dijadikan kurban,” tambahnya. (erlano putra)


Erlano Putra:
Tinggalkan Komentar