Ragam  

Tiga Gapoktan di Sukoharjo Terima Bantuan Alsintan Combine Harvester

Sebanyak tiga gapoktan menerima bantuan alsintan “combine harverster” menerima dari Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Selasa (17/9/2024).

Sukoharjonews.com – Sebanyak tiga Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kabupaten Sukoharjo menerima bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) pemanen padi “Combine Harvester”. Bantuan dari Kementerian Pertanian tersebut diserahkan oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Selasa (17/9/2024).

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, Bagas Windaryatno, bantuan alsintan pemanen padi tersebut bersumber dari Kementan atas proposal yang sudah diajukan sebelumnya. Gapoktan penerima bantuan masing-masing dari Kecamatan Mojolaban, Weru, dan Tawangsari.

“Dengan bantuan ini diharapkan dapat memperlancar proses usaha tani dalam rangkamempertahankan Sukoharjo sebagai lumbung pangan,” ujarnya.

Bagas juga mengatakan, pada tahun 2024 ini Kementan telah menetapkan Kabupaten Sukoharjo sebagai daerah dengan produktivitas padi tertinggi di Indonesia dan mendapat penghargaan. Untuk itu, dengan bantuan alsintan diharapkan dapat mengembangkan usaha tani gapoktan.

Sedangkan Bupati Etik Suryani meminta kepada Gapoktan untuk merawat danmenjaga alsintan tersebut. Menurutnya, Gapoktan lain juga akan mendapat bantuan serupa secara bertahap. Tidak hanya alsintan, Pemkab juga akan memfasilitasi bantuan lain seperti bibit padi dan lainnya.

“Harap dirawat dan dijaga, satu unit “combine harvester” ini harganya hampir Rp700 juta,” ujarnya.

Etik juga mengatakan, penggunaan alsintan untuk mewujudkan kedaulatan pangan, peningkatan kesejahteraan petani, peningkatan nilai tambah dan daya saing usaha pertanian. Program bantuan alsintan merupakan salah satu bentuk intervensi langsung pemerintah, yang diharapkan akan mendorong petani untuk meningkatkan produksi dan produktivitas komoditas pertanian. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *